5 Nelayan Ini Tajir Mendadak Usai Temukan Muntahan Paus yang Nilainya Capai Rp 22 M

Devi Setya - detikFood Jumat, 17 Des 2021 13:30 WIB
Tajir Mendadak! Nelayan Ini Temukan Muntahan Paus Senilai Rp 17,7 M Foto: world of buzz
Jakarta -

Penemuan muntahan paus membuat beberapa nelayan mendadak kaya. Tak tanggung-tanggung, muntahan paus ini bahkan bernilai Rp 22 miliar. Wow!

Setiap nelayan pasti ingin mendapatkan tangkapan ikan yang banyak tapi ada juga yang ingin menemukan 'harta karun'. Beberapa nelayan memang pernah mendapat harta karun di laut berupa Ambergris atau muntahan paus sperma.

Jenis paus sperma dikenal bisa menghasilkan muntahan yang bernilai tinggi. Bongkahan muntah paus ini memiliki ukuran beragam bahkan hingga puluhan kilogram. Muntah paus yang dikenal sebagai Ambergris ini dihargai dengan sangat mahal.

Ambergris sendiri adalah muntahan yang diproduksi oleh paus sperma. Ketika paus memuntahkannya, Ambergris akan membeku dan mengapung di permukaan laut. Awalnya, muntahan paus ini memiliki bau yang busuk dan menyengat tetapi ketika mengering aromanya akan harum.

Ambergris kerap digunakan sebagai bahan utama untuk membuat parfum. Karena sulit ditemukan dan keberadaannya langka, Ambergris dibanderol dengan harga super mahal.

Berikut beberapa nelayan dan beberapa orang yang mendadak tajir setelah menemukan Ambergris:

1. Wanita temukan Ambergris senilai Rp 3 miliar

Seorang wanita asal Terengganu, Malaysia secara tidak sengaja menemukan bongkahan muntah ikan paus sperma. Wanita bernama Aida Zurina Long ini menemukan Ambergris saat tengah memancing di tepi laut.

Aida menemukan bongkahan seperti batu itu mengambang di laut saat memancing ikan bersama keluarganya di dekat Dermaga Badan Pengembangan Ikan Malaysia pada Selasa (14/12). Awalnya Aida mengira bongkahan ini sampah namun ia tetap mengambil dan membawa pulang benda ini.

Keesokan harinya Aida dan keluarga membawa muntahan ikan paus tersebut ke Dinas Perikanan Terengganu. Ternyata benar, bongkahan seberat 5 kilogram ini adalah Ambergris yang bernilai sekitar Rp 3 miliar.

Pemulung temukan batu ambergris di Thailand5 Nelayan Ini Tajir Mendadak Usai Temukan Muntahan Paus yang Nilainya Capai Rp 22 M Foto: (dok. detikcom)

2. Nelayan temukan Ambergris senilai Rp 17 miliar

Seorang nelayan asal Thailand mendadak jadi kaya setelah menemukan bongkahan muntahan ikan paus di pantai Niyom di provinsi Surat Thani. Nelayan bernama Narong Phetcharaj menemukan Ambergris seberat 30 kilogram

Temuan Ambergris pada Oktober 2021 ini langsung mendadak membuat heboh kampung halaman Narong. Setelah membawanya ke Universitas Prince of Songkla untuk diuji barulah terungkap ini adalah Ambergris dengan taksiran harga Rp 17 miliar.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ternyata Ini Lho Perbedaan Gelato dengan Es Krim Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com