Sering Dianggap Remeh, 5 Kebiasaan Masak Ini Berbahaya Bagi Kesehatan

Devi Setya - detikFood
Kamis, 16 Des 2021 13:00 WIB
ikan mentah di atas kayu
Foto: Getty Images/iStockphoto/serts
Jakarta -

Memasak bukan hanya soal mengolah makanan menjadi lezat. Ada banyak hal penting yang harus diperhatikan agar hasil makanan enak tetapi juga tidak berbahaya bagi kesehatan.

Banyak orang yang bisa masak enak namun terkadang proses memasaknya justru kurang diperhatikan. Misalnya mencuci daging ayam mentah atau mencicip adonan mentah yang mengandung telur. Meskipun terkesan sepele tetapi dampaknya bisa membahayakan kesehatan.

Ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian ketika meracik makanan. Bukan hanya soal teknik masak, bumbu dan rasa makanan, tetapi juga perhatikan kebersihannya agar makanan tak mengundang penyakit.

Dilansir dari Bright Side (15/12) ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat memasak. Masih banyak yang belum tahu soal kesalahan memasak ini, jika dilakukan terus menerus dikhawatirkan akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti contohnya keracunan.

Berikut beberapa kebiasaan masak yang ternyata berbahaya bagi kesehatan:

1. Salah teknik saat melumerkan daging beku

Daging mentah termasuk bahan makanan yang mudah rusak. Jika tidak disimpan dalam suhu beku maka tidak akan bertahan lama. Oleh karenanya daging harus segera diolah saat masih dalam keadaan segar.

Namun terkadang ada orang yang menyimpan daging dalam suhu beku sebagai stok makanan di rumah. Daging beku bisa disimpan dalam jangka waktu lama, bahkan berbulan-bulan. Meskipun aman diolah lagi, tapi nyatanya masih banyak orang yang tak tahu teknik melumerkan daging beku.

Kisaran suhu yang dianggap berisiko untuk menyimpan makanan berkisar antara 5°C hingga 60°C. Pada suhu ini, bakteri makanan berbahaya dapat berkembang biak dengan cepat. Untuk itu disarankan untuk melumerkan daging beku di dalam lemari es.

Biarkan daging meleleh secara perlahan. Biasanya dibutuhkan waktu lama, jadi sebaiknya jika ingin mengolah daging beku, cobalah cairkan satu hari sebelum dimasak.

Fresh Ribeye Steaks at the Butcher ShopSering Dianggap Remeh, 5 Kebiasaan Masak Ini Berbahaya Bagi Kesehatan Foto: iStock


2. Mencuci daging mentah

Daging mentah seperti daging ayam, daging sapi atau daging babi tidak disarankan untuk dicuci. Selain akan merubah tekstur asli, ternyata mencuci daging mentah juga beresiko menyebarkan bakteri.

Percikan air dari daging mentah bisa saja menyebarkan bakteri ke alat makan, alat masak ataupun makanan lain di dekat tempat mencuci. Jika merasa daging terlihat agak kotor, sebaiknya potong sedikit atau la menggunakan tisu dapur sebelum dimasak.



Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Kikil Sambal Bajak Petai"
[Gambas:Video 20detik]