7 Makanan Ini Masih Aman Dikonsumsi Meski Lewat Tanggal Kadaluarsa

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 01 Des 2021 07:00 WIB
Wali Kota Jakarta Pusat bersama BPOM dan sejumlah lembaga gelar sidak jelang Natal dan tahun baru. Sejumlah bahan makanan busuk dan kadaluarsa pun ditemukan. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Produk makanan yang dijual di pasaran biasanya memiliki tanggal kadaluarsa. Ternyata ada tujuh bahan makanan yang masih aman untuk dikonsumsi meski sudah lewat tanggal kadaluarsanya.

Salah satu syarat sebuah produk makanan boleh dijual di pasaran adalah memiliki tanggal keterangan kadaluarsa pada bagian kemasannya. Tanggal kadaluarsa berfungsi menunjukkan batas waktu terbaik untuk mengonsumsi bahan makanan tertentu.

Tanggal kadaluarsa seringkali menjadi patokan utama seseorang untuk pertimbangan membeli produk makanan. Ternyata makanan yang sudah melewati tanggal kadaluarsa tidak berarti sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Tanggal kadaluarsa hanya patokan waktu terbaik untuk mengonsumsi makanan tersebut. Sebuah produk makanan tidak akan langsung rusak dan tak layak konsumsi ketika melewati tanggal kadaluarsa tersebut. Bahkan ada beberapa makanan yang masih layak untuk dikonsumsi walaupun sudah melewati tanggal kadaluarsanya.

Berikut ini 7 makanan yang masih aman dikonsumsi meski sudah melewati tanggal kadaluarsa:

menyimpan telurFoto: Thinkstock

1. Telur

Pada kemasan kardus telur biasanya tertulis bahwa telur sebaiknya disimpan tidak lebih dari lima minggu di dalam kulkas. Sebagai bahan makanan yang segar, banyak sekali orang yang tidak ingin mengambil risiko untuk menyimpan telur dalam jumlah lebih banyak karena dianggap lebih mudah busuk.

Nyatanya, rusaknya kualitas telur dan kelayakan telur untuk dimakan ini hanya bisa ditentukan dari warna, bau dan kekentalan telur itu sendiri. Maka tidak ada cara lain untuk memastikan apakah telur masih segar atau tidak sebelum cangkangnya dipecahkan.

2. Keju dan Mentega

Tak banyak yang tahu bahwa keju dan mentega menjadi produk bahan makanan sekaligus olahan susu yang paling mudah untuk disimpan. Hard cheese atau keju yang teksturnya cenderung keras bahkan mampu bertahan hingga lebih dari enam minggu di dalam lemari pendingin selama tidak menyerap air dan disimpan pada permukaan yang kering.

Sedangkan untuk mentega yang sudah dibuka mampu bertahan satu hingga dua bulan setelah masa kadaluarsanya. Jika kamu lupa pernah menyimpan mentega dan masih tersimpan dengan rapat, mentega tersebut bahkan mampu bertahan hingga dua sampai tiga bulan setelah tanggal kadaluarsa.

Baca juga: Usil! Majikan Ini 'Prank' ART dengan Berikan Kerupuk Kulit Babi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Geliat Ilmuwan Temukan Rasa 'Daging' Vegan yang Pas di Lidah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com