Panduan Standar Umum Dapur Buat Masak Jadi Perdebatan Netizen di Twitter

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 16 Des 2021 10:30 WIB
Panduan Standar Umum Dapur Buat Masak Jadi Perdebatan Netizen di Twitter Foto: Twitter @sanputrasa/Site
Jakarta -

Masalah dapur, jadi perbincangan universal yang menarik banyak pengguna Twitter. Misalnya seperti panduan standar umum dapur, agar masak lebih nyaman yang mengundang perdebatan.

Masak di dapur tentunya jauh lebih enak dan nyaman, jika didukung dengan peralatan dapur yang memadai, sampai fasilitas dapur yang lengkap. Selain itu jarak hingga tinggi dari meja dapur sampai tempat cuci piring ternyata juga ikut berpengaruh, dalam menentukan kenyamanan orang-orang saat masak.

Hal ini lah yang dibagikan oleh pengguna Twitter @sansputra (14/12), lewat beberapa sketsa dapur yang diunggahnya. Putra menyarankan panduan standar umum untuk ibu-ibu yang sedang berencana membangun meja dapur.

Di dalam gambar tersebut, @sansputra menyarankan agar tinggi meja dapur untuk meletakan kompor sekitar 90 cm agar tidak bungkuk saat masak. Kemudian jarak antara tempat kompor dan tempat cuci piring sebagiknya lebih dari 50 cm dan begitu seterusnya.

Cuitan ini tentu saja viral dan mendapatkan lebih dari 38,8 ribu likes dari pengguna Twitter. Namun rupanya tak semua netizen setuju dengan panduan standar umum untuk dapur yang diunggah Putra.

Panduan Standar Umum Dapur Buat Masak Jadi Perdebatan Netizen di TwitterPanduan Standar Umum Dapur Buat Masak Jadi Perdebatan Netizen di Twitter Foto: Twitter @sanputrasa/Site

Menurut banyak netizen, masak berdiri itu budaya orang luar negeri, sementara ibu-ibu di Indonesia kebanyakan masak sambil duduk. Hal ini dipengaruhi dengan masakan di Indonesia yang lebih lama proses masak dan matangnya.

Baca Juga: Viral Penampakan Dapur Cantik Serba Ungu di Bengkulu, Ini Kisahnya" selengkapnya

"Masak berdiri itu capek, ini budaya bule. Jaman dulu, nenek kita masaknya duduk. Lebih pas dengan kultur masakan indonesia yang durasi masaknya lebih lama, misal masak rendang minimal dua jam wkwkwkw. Sementara bule masaknya cuma omelet alias orak-arik telur, semenit juga jadi hahaha," komen @Bl3**.

"Ini namanya ergonomi di daerah dapur. Jaman sekarang masaknya serba cepat makannya berdiri, tapi budaya kita dari dulu kalau masak bisa segala macem rempah-rempah dimasukin, berjam-jam. Makannya duduk. Tapi di zaman modern ini banyak yang sudah meninggalkan masak sambil duduk untuk sehari-harinya," sambung @tt**.

Panduan Standar Umum Dapur Buat Masak Jadi Perdebatan Netizen di TwitterPanduan Standar Umum Dapur Buat Masak Jadi Perdebatan Netizen di Twitter Foto: Twitter @sanputrasa/Site

Meski banyak berdebat bahwa desain panduan standar umum dapur ini terlalu kebarat-baratan. Tapi banyak juga yang memuji desain Putra, karena memang lebih efisien dan sesuai dengan orang-orang di zaman sekarang yang lebih suka masak berdiri di dapur modern.

"Gue bikin meja dapur sesuai tinggi badan gue pake rumus diatas, dibilang orang2 ketinggian meja dapurnya, ya kan ini emang meja dapur saya bun, bukan untuk anda.." tutur @your**.

Ada juga netizen yang iseng menambahkan panduan standar umum buat ibu-ibu yang sedang malas masuk ke dapur. Lengkap dengan tiga foto berisi lambang Go-Food, Shopee Food dan Grab Food.

Meski mengundang perdebatan, banyak juga netizen yang menyimpulkan bahwa untuk masalah dapur kembali disesuaikan ke selera, kebutuhan dan tentu saja kemampuan masing-masing.

Baca Juga: Usai Rias Pengantin, MUA Ini Malah Ikut Sibuk Bantu Masak" selengkapnya



Simak Video "Masak Masak: Dessert Box Alpukat Crumble Wafer Cokelat"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com