Hati-hati! 6 Kesalahan Saat Sarapan Ini Bisa Gagalkan Diet

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 16 Des 2021 06:00 WIB
Woman reading the newspaper at breakfast
Foto: thinkstock

3. Tidak Mencukupi Lemak dan Protein

Saat ingin menurunkan berat badan, memenuhi kebutuhan protein dan lemak penting dilakukan. Asupan protein dan lemak ini berperan penting dalam membantu membakar kalori dan metabolisme tubuh.

Kandungan protein dan lemak yang ada di dalam makanan juga berfungsi untuk menjaga massa otot dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga menghindari dari keinginan untuk makan berlebih. Kesalahan yang paling sering dilakukan para pelaku diet adalah menghindari lemak dengan terlalu ketat yang justru memberikan efek yang tidak cukup baik.

4. Konsumsi Gorengan

ilustrasi makan gorenganFoto: shutterstock

Ingin menu yang sederhana, seringkali para pelaku diet memilih makanan yang hanya cepat tetapi tak sehat. Menganggap beberapa makanan tinggi protein, nyatanya ada makanan yang justru mengandung lemak begitu tinggi dan sering dikonsumsi pada saat sarapan.

Beberapa menu yang dianggap salah untuk dikonsumsi pada saat sarapan adalah sosis, bacon, telur yang digoreng atau beberapa makanan gorengan yang tinggi lemak trans. Makanan seperti ini dikatakan oleh ahli tak hanya membantu melonjakan berat badan tetapi juga memicu darah tinggi hingga penyakit kanker.

5. Makan Terburu-buru

Saat akan memulai hari, banyak orang yang terburu-buru sehingga tidak makan dengan tenang dan mengunyahnya dengan baik. Makan dengan terburu-buru atau terlalu cepat dikatakan oleh ahli sebagai salah satu faktor yang dapat memicu obesitas dengan cepat.

Sebelum memulai sarapan, pastikan untuk menyisihkan waktu setidaknya sepuluh menit untuk sarapan dan menikmatinya secara perlahan. Makan dengan tenang dan tidak terburu-buru adalah hal yang sebenarnya harus diperhatikan termasuk pada setiap waktu makan yang lainnya.

6. Menunda Makan

Menganggap sarapan dapat memberikan asupan kalori yang berlebihan, banyak orang yang rela meninggalkan waktu sarapan. Nyatanya kebiasaan ini keliru.

Melewatkan waktu makan dan hanya akan makan pada saat terasa begitu lapar justru dapat memberikan peluang untuk makan lebih banyak. Biasanya jika menunggu makan dalam keadaan yang sudah sangat lapar kamu akan lebih tidak sabar menunggu makanan dan berdampak pada memilih makanan secara sembarangan.

Baca juga: Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini



Simak Video "Pabrik Tahu Ini Diminati Para Pegowes untuk Sarapan"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)