Hati-hati! 6 Kesalahan Saat Sarapan Ini Bisa Gagalkan Diet

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 16 Des 2021 06:00 WIB
Woman reading the newspaper at breakfast
Foto: thinkstock
Jakarta -

Saat diet banyak orang yang terlalu fokus memilih makanan tanpa memperhatikan bagaimana pola makan yang seharusnya. Para ahli mengungkapkan ada enam kesalahan saat sarapan yang bisa menggagalkan diet.

Banyak pelaku diet khawatir sarapan bikin gendut. Sebagian dari mereka bahkan memilih melewatkan sarapan karena menganggap sarapan dapat menambah asupan kalori.

Nyatanya, sarapan menjadi waktu makan penting yang sebaiknya tidak dilewatkan sekalipun saat menjalani diet ketat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin tetapi berhasil menjalankan diet dengan baik tetapi tetap mengonsumsi sarapan.

Para ahli mengungkapkan banyak yang secara tidak sengaja melakukan kesalahan-kesalahan pada saat sarapan yang menyebabkan gagalnya diet atau berat badan yang tak kunjung menurun. Memerhatikan asupan dan komponen nutrisi yang ada pada makanan menjadi kunci utama agar sarapan bisa tetap mengenyangkan dan juga menyehatkan.

Baca juga: Duh! Bocah Ini Pesan Gelato Online Sampai Rp 17 Juta Pakai Akun Ayahnya

Berikut ini 6 kesalahan saat sarapan yang harus dihindari selama diet menurut Times Now News:

human hand with white sugar packet and pouring in hot black coffee , in soft focusFoto: Getty Images/iStockphoto/Ratana21

1. Konsumsi Terlalu Banyak Gula

Seringkali salah memilih menu makanan, tanpa disadari banyak orang mengonsumsi makanan tinggi gula saat sarapan. Misalnya menu sarapan seperti sereal, pastry, roti dengan selai atau bahkan jus kemasan yang sebenarnya mengandung gula tinggi.

Jika kamu ingin mengonsumsi menu sarapan yang sederhana dan cepat, sebaiknya harus memperhatikan dengan jeli label kemasan yang menerangkan kandungan dan komponen yang digunakan dalam makanan tersebut. Tetapi untuk mendapatkan menu sarapan yang jauh lebih sehat para ahli menyarankan untuk membuat sarapan sendiri dengan memerhatikan penambahan bahan-bahan yang hanya diperlukan saja.

2. Makan Terlalu Banyak Kalori Kosong

Sebenarnya semua makanan mengandung kalori. Kalori yang terkandung dalam makanan akan diolah oleh tubuh baik dibakar untuk produksi energi maupun disimpan sebagai cadangan energi nantinya. Tetapi tidak semua makanan mengandung kalori yang menghasilkan energi.

Beberapa makanan justru mengandung 'kalori kosong' yang kurang berguna dan hanya bisa disimpan dalam cadangan lemak oleh tubuh. Bahan makanan dan minuman kalori kosong ini berbentuk seperti soda, minuman olahraga, teh manis atau bahkan lemonade kemasan yang banyak dijual di pasaran.

Baca juga: Duh! Tamu di Resto Gordon Ramsay Terpaksa Bayar Rp 8,8 Juta karena Hal Ini



Simak Video "Pabrik Tahu Ini Diminati Para Pegowes untuk Sarapan"
[Gambas:Video 20detik]