5 Kisah Muslim yang Tak Sengaja Makan Daging Babi

Devi Setya - detikFood Selasa, 14 Des 2021 06:00 WIB
Wanita Muslim Curhat Nyaris Buka Puasa pakai Ramen Daging Babi Foto: TikTok @sweetpineappleone
Jakarta -

Daging babi jelas masuk sebagai makanan haram bagi umat muslim. Tapi ada beberapa kisah muslim yang tak sengaja menyantap daging babi, namun ada juga yang makan daging babi karena prank.

Daging babi termasuk makanan yang tegas dilarang bagi umat muslim. Daging babi bersifat haram bagi muslim, hal ini tercatat dalam beberapa surah dalam Al Qur'an, salah satunya surah An Nahl ayat 115.

"Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan apa yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah; tetapi barangsiapa yang terpaksa memakannya dengan tidak menganiaya dan tidak pula melampaui batas, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."(Q.S. An Nahl: 115)

Meskipun seluruh umat muslim tahu kalau daging babi haram. Tetapi masih saja ada kisah muslim yang menyantap daging ini. Alasannya beragam, ada yang tak tahu istilah daging babi dan ada juga yang makan daging babi karena dikerjai temannya.

Berikut beberapa kisah muslim yang pernah makan daging babi:

1. Tak tahu istilah daging babi

5 Kisah Makan Babi Viral, Dimakan Muslim dan Ditanyakan Kehalalannya5 Kisah Muslim yang Tak Sengaja Makan Daging Babi Foto: TikTok/Twitter

Beberapa waktu lalu sempat viral kisah Muslim yang tak sengaja makan babi. Dilihat dari video akun Twitter Fkadrun (11/7), seorang pria menceritakan pengalamannya saat tak sengaja makan babi.

"Astagfirullahaladzim, beli makanan di Grab udah habis setengah. Pas browsing ternyata non halal. Aku makan babi," ujarnya dalam video. Awalnya ia memesan makanan via aplikasi ojek online dari gerai Nasi Campur 99 di Karanganyar, Jawa Tengah.

Ia memesan menu Paket Marmer 2 seharga Rp 35 ribu. Isiannya nasi hainan, lapchiong, bakso goreng, telur kecap, sayur asin, kuah merah, kuah coklat dan lain-lain. Pria ini tidak tahu kalau lapchiong adalah olahan daging babi. Ia beranggapan menu yang dipesannya halal karena pernah makan nasi hainan dari restoran halal.

2. Makan sosis babi

Kisah Muslim tak sengaja makan babi juga dialami seorang wanita yang terlihat dalam video unggahan akun rahmadhitaas di TikTok (8/11/20). Ia mendapati temannya makan sosis yang tak diketahuinya terbuat dari babi

Padahal temannya sudah mengingatkan agar jangan memakan sosis itu. Namun ia tetap memakannya dan berakhir panik saat tahu kalau itu sosis babi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kafe Gelato Pet Friendly yang Estetik di Kemang Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com