Ikuti Saran Takaran Saji dalam Kemasan Makanan, Porsi Makan Wanita Ini Jadi Sedikit!

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 11 Des 2021 19:00 WIB
Ikuti Saran Takaran Saji dalam Kemasan Makanan, Porsi Makan Wanita Ini Jadi Sedikit!
Foto: TikTok
Jakarta -

Ikutin saran takaran sajian dalam kemasan makanan hingga kemasan frozen food. Wanita ini terkejut porsi makanannya jadi berkurang drastis hingga terlalu sedikit.

Aturan makanan per saji, atau serving size selalu tertera dalam setiap kemasan makanan ringan hingga makanan beku atau frozen food. Guna dari aturan makan ini, untuk menjadi panduan agar orang-orang tidak makan berlebihan, atau mengetahui jumlah porsi sekali makan.

Namun ada yang berbeda ketika pengguna TikTok @thehungryfoode (11/12), iseng mengikuti aturan makan per saji seusai kemasan makanan yang dia santap. Wanita asal Amerika ini, bahkan tak menyangka bahwa porsi makanannya jadi berkurang drastis karena mengikuti takaran per saji dari label makanan.

Baca Juga: Jangan Berlebihan! Ini Porsi Makan Ideal Sesuai Ajaran Rasulullah SAW" selengkapnya

Dilansir dari Mirror UK, wanita bernama Kelsie Flaim ini mengabadikan momennya menyantap aneka makanan menggunakan rekomendasi sajian per porsi dari kemasan makanan.

Ikuti Saran Takaran Saji dalam Kemasan Makanan, Porsi Makan Wanita Ini Jadi Sedikit!Ikuti Saran Takaran Saji dalam Kemasan Makanan, Porsi Makan Wanita Ini Jadi Sedikit! Foto: TikTok

Di pagi hari, ia sarapan dengan sereal dari Cinnamon Toast Crunch, dimana per sajinya dianjurkan sekitar satu cup atau 128 gram. Lengkap dengan camilan Doritos, yang takaran per sajinya sekitar 12 helai keripik untuk sekali makan.

Lalu di jam makan siang, Kelsie mengikuti anjuran makan pasta seberat 57 gram, ditambah dengan biskuit Goldfish yang anjuran per sajinya sekitar 55 gram.

Untuk cemilan di sore hari karena dia masih lapar, Kelsie menyantap 12 butir kacang cokelat dari M&M's. Ditambah dengan satu buah apel, dan dua sendok selai cokelat Nutella sebagai cocolannya.

Terakhir menu makan malamnya, hanya menyantap lima buah chicken nugget yang digoreng. Semuanya itu ia ikuti takaran per saji yang ada di label makanan. Namun yang membuatnya kaget adalah, porsi makanannya yang berkurang drastis karena mengikuti aturan makan ini.

Ada banyak penjelasan dari netizen yang masuk ke dalam video Kelsie.

Various nutrition labels for a variety of packaged food products. Labels show calories, fat content, cholesterol, carbohydrates, protein, sodium, sugars, daily recommended litmits, vitamins and specfic ingredients in the foods. Prominent top label shows a whopping 680 mg soldium in the food product.Ilustrasi Takaran Per Saji di Kemasan Makanan Foto: iStock

"Logikanya, jika makanan yang dipilih lebih sehat, pasti anjuran makanannya lebih besar dan banyak," komen salah satu netizen.

"Kalau semua makanan yang dipilih adalah makanan olahan. Pastinya anjuran per porsinya juga sedikit, demi menjaga kesehatan," sambung netizen.

"Sebenarnya takaran makanan per saji itu bukan rekomendasi. Mereka itu dibuat sebagai hitungan standar saja," komen netizen lainnya.


Hal serupa juga ditambahkan oleh netizen lainnya, yang menganggap bahwa takaran makan per porsi itu bukan anjuran sebenarnya.

"Serving size atau takaran saji pada kemasan itu sebenarnya tidak ada hubungannya dengan seberapa banyak kalian harus makan," pungkas netizen lainnya.

Meski menimbulkan pro dan kontra video eksperimen Kelsie ini mendapatkan banyak komentar dan likes dari pengguna TikTok lainnya.

Baca Juga: 7 Trik Batasi Porsi Makan Saat Diet, Gampang Ditiru!" selengkapnya



Simak Video "Kisah Driver Ojol Antar Makanan Saat Anaknya Meninggal Disebut Modus Belaka"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)