Temukan Tikus di Dapur Restoran, Wanita Ini Malah Ditertawakan Pegawai Restoran

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 10 Des 2021 15:00 WIB
Temukan Tikus di Dapur Restoran, Wanita Ini Malah Ditertawakan Pegawai Restoran Foto: TikTok @sarahsimmers
Jakarta -

Tikus jadi isu kebersihan yang serius di setiap tempat makan. Tapi berbeda dengan restoran ini yang justru menertawakan pengunjung yang melaporkan adanya tikus di restoran mereka.

Banyak sekali restoran, tempat makan sampai kafe yang kehilangan pamor hingga pelanggan hanya karena masalah tikus. Tikus memang menjadi hama yang sulit untuk dibasmi meskipun di tempat makan yang mewah sekaligus.

Namun bukan berarti kehadiran tikus ini tidak bisa dicegah. Akan tetapi beberapa restoran seringkali lalai dan tidak menyadari adanya tikus di area dapur hingga tempat makan mereka, sampai para pengunjung sendiri yang sadar.

Pengalaman inilah yang dibagikan oleh pengguna TikTok bernama Sarah Liana. Dilansir dari SAYS (10/12), saat itu dirinya tengah makan di salah satu restoran teppanyaki yang ada di area foodcourt mall mewah di Kuala Lumpur, Malaysia.


Baca Juga: Hiii! Netizen Ini Pergoki Dua Ekor Tikus Asyik Makan di Etalase Warung" selengkapnya

Temukan Tikus di Dapur Restoran, Wanita Ini Malah Ditertawakan Pegawai RestoranTemukan Tikus di Dapur Restoran, Wanita Ini Malah Ditertawakan Pegawai Restoran Foto: TikTok @sarahsimmers


"Jadi di tengah-tengah saya sedang makan, dua ekor tikus ini keluar. Tentunya nafsu makan saya langsung menghilang," curhat Sarah, lengkap dengan video yang diunggahnya.

"Saya tidak percaya para pegawai restoran di sana tidak melakukan apapun, setelah saya melaporkan ada beberapa tikus di area restoran. Sangat mengecewakan!" sambungnya.

Parahnya lagi tidak ada satupun pegawai restoran yang meminta maaf kepadanya. Padahal konsep restoran itu menggunakan open kitchen, atau dapur terbuka di mana para pengunjung bisa melihat langsung proses makanan yang dibuat.

Karena curhatannya viral di media sosial. Banyak influencer hingga netizen yang geram sendiri dengan kejadian ini.

"Tolong pihak mall jangan menganggap kejadian ini dengan enteng. Urine dari tikus bisa menyebabkan kematian pada orang. Lebih menjijikkan lagi hal ini terjadi saat restoran beroperasi," kritik @az**.

"Tempat mewah sebenarnya bukan jaminan tempatnya akan bersih. Dulu pernah makan di restoran mewah sekali dengan sepupu saya. Eh kita lihat ada kecoak merayap di atas tangan kita, sejak saat itu kehilangan nafsu makan," curhat @mel**.

"Bukan hal yang mustahil, tikus-tikus ini pernah duduk di atas tempat masak dan peralatan makan gerai itu. Ingat meski restorannya mahal, belum tentu kebersihannya dijaga," ingat @md**.

Info serupa juga ditambahkan Sarah. Menurutnya selain tidak melakukan apa-apa. Setelah Sarah melapor bahwa dia melihat tikus di area dapur, para pegawai di sana justru hanya melihat tikus-tikus itu dan menertawainya. Mereka bahkan tidak menutup restoran.

Menanggapi kisah viral ini, akhirnya pihak pengeola food court di Malaysia, yaitu Food Republic meminta maaf atas insiden tersebut.

Temukan Tikus di Dapur Restoran, Wanita Ini Malah Ditertawakan Pegawai RestoranTemukan Tikus di Dapur Restoran, Wanita Ini Malah Ditertawakan Pegawai Restoran Foto: TikTok @sarahsimmers

"Untuk pelanggan yang terhormat. Kami sangat menyesal dengan kejadian adanya tikus yang ditemukan di salah satu gerai Teppanyaki yang berada di area Food Republic, kami meminta maaf sekali lagi dan sudah mengambil langkah tegas untuk menyelesaikan masalah ini," tulis perwakilan Food Republic lewat akun resmi Facebook mereka.

Pihak Food Republic menyebutkan bahwa mereka menutup gerai teppanyaki untuk pembersihan menyeluruh. Serta memanggil pembasmi hama untuk memastikan tikus-tikus ini diambil.

Tak hanya terjadi di Malaysia saja, sebelumnya banyak juga restoran-restoran mulai dari yang murah hingga mahal di Indonesia, tersangkut kasus tikus yang membuat gerai restoran mereka ditutup untuk sementara waktu.

Baca Juga: Ada Tikus dan Ulat di Restoran Seroeni, Pihak Manajemen Minta Maaf" selengkapnya



Simak Video "Viral Pengunjung Nemu Ulat di Makanan dan Tikus di Resto"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com