Dimsum Kekinian

Jangan Asal Makan! Begini Cara Makan Dimsum di Restoran

Devi Setya - detikFood Rabu, 08 Des 2021 19:00 WIB
Jangan Asal Makan! Begini Cara Makan Dimsum di Restoran Foto: Getty Images/iStockphoto/ALLEKO
FOKUS BERITA Dimsum Kekinian

3. Gunakan bantuan sendok

Menyantap dimsum bukan hanya bisa menggunakan sumpit saja, tetapi bisa dibantu sendok. Beberapa jenis dimsum perlu disantap dengan bantuan alat makan lain, termasuk dimsum seperti ceker ayam.

Untuk makan dimsum seperti ceker ayam, gunakan sendok untuk mewadahi tulang yang akan dibuang. Setelah tulang ayam terkumpul maka kamu bisa menaruhnya di pinggir piring. Pelayan restoran dimsum akan langsung mengganti piring kotor dengan yang baru.

Tapi lain halnya dengan restoran dimsum kasual. Kamu bisa menggunakan tangan langsung untuk menyantap dimsum yang terbilang sulit disantap. Makan dimsum dengan tangan langsung sangat diperbolehkan asalkan di restoran yang sesuai.

Jangan Asal Makan! Begini Cara Makan Dimsum di RestoranJangan Asal Makan! Begini Cara Makan Dimsum di Restoran Foto: Getty Images/iStockphoto/ALLEKO

4. Gunakan sumpit makan untuk diri sendiri

"Jangan melayani orang lain dengan sumpitmu. Beberapa orang mungkin tidak ingin berbagi air liur Anda. Jangan melayani orang lain dengan sumpit Anda, gunakan sumpit yang berbeda dengan yang digunakan untuk makan," ujar Chef Chan Yan-tak.

Jika tidak bisa menggunakan sumpit, sah saja makan dimsum menggunakan garpu. Beberapa orang, terutama orang non Asia mengalami kesulitan saat makan menggunakan sumpit.

5. Jangan memesan terlalu banyak


Dimsum memang memiliki ukuran yang mungil tetapi bukan berarti kamu bisa memesannya dalam jumlah banyak sekaligus. Pesanlah sedikit demi sedikit dan usahakan mencoba berbagai varian dimsum.

"Tidak ada aturan berapa banyak dimsum yang harus Anda pesan, pesan saja hidangan sebanyak yang diperlukan sampai kenyang. Tetapi hindari memesan banyak dimsum di awal. Kalau merasa kurang, kamu bisa memesannya kapanpun," kata Chef Chan Yan-tak.

Hal ini juga dimaksudkan untuk menghindari kelebihan makanan agar tidak terbuang percuma. Meskipun bisa dibungkus tetapi rasa dimsum akan berubah ketika sudah dihangatkan menggunakan microwave.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Puas Makan Dimsum di Resto Kekinian Yinyang Dimsum"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Dimsum Kekinian
FOKUS BERITA Dimsum Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com