Dimsum Kekinian

Jangan Asal Makan! Begini Cara Makan Dimsum di Restoran

Devi Setya - detikFood Rabu, 08 Des 2021 19:00 WIB
Jangan Asal Makan! Begini Cara Makan Dimsum di Restoran Foto: Getty Images/iStockphoto/ALLEKO
FOKUS BERITA Dimsum Kekinian
Jakarta -

Banyak orang suka dimsum karena rasanya yang gurih dan enak. Tapi belum banyak yang tahu aturan dan tata cara makan dimsum yang benar, terutama saat makan dimsum di restoran.

Dimsum jadi camilan semua kalangan. Ada dimsum murah meriah hingga dimsum premium yang disajikan di restoran. Namun tampaknya belum banyak yang tahu aturan makan dimsum di restoran.

Menyantap dimsum bukan hanya asal masuk mulut, ternyata makanan asal China ini punya tata cara menyantapnya. Dilansir dari South China Morning Post (8/12) dimsum adalah salah satu makanan spesial jadi cara menyantapnya pun terbilang khusus.

Chef Chan Yan-tak, seorang executive chef di Lunt Kong Heen Restaurant, Hong Kong menjelaskan tata cara makan dimsum yang benar. Ternyata berbeda jenis dimsum, beda juga cara menyantapnya.

Berikut beberapa cara makan dimsum di restoran:

1. Makan sedikit demi sedikit

Berbeda dengan sushi yang idealnya dilahap sekaligus, dimsum justru bisa dan boleh dimakan sedikit demi sedikit. Meskipun ukuran dimsum terbilang kecil tetapi jika kamu tidak sanggup melahapnya sekaligus maka tak ada salahnya menggigit sebagian dimsum.

"Lebih baik makan sedikit demi sedikit daripada makan dimsum utuh dalam satu suapan. Rasanya bisa lebih dinikmati saat dikonsumsi perlahan," kata Chef Chan Yan-tak.

Terutama dimsum jenis xiao long bao yang diberi isian kuah sup panas. Jika melahap dimsum ini sekaligus maka akan berbahaya karena lidah bisa terbakar karena sup dalam keadaan panas.

"Cara terbaik adalah mengambil gigitan kecil dan membiarkan pangsitnya sedikit dingin di antara gigitan. Biasanya orang asing akan sering memakannya dalam satu gigitan dan membakar mulutnya seperti itu. Supnya sangat panas," tambah Chef Chan Yan-tak.

Jangan Asal Makan! Begini Cara Makan Dimsum di RestoranJangan Asal Makan! Begini Cara Makan Dimsum di Restoran Foto: Getty Images/iStockphoto/ALLEKO

2. Jangan gunakan banyak saus

Biasanya dimsum dibuat dengan bumbu yang sudah cukup banyak sehingga rasa dimsum sudah lezat dan gurih. Jadi sebaiknya tidak perlu menambahkan saus terlalu banyak.

"Sebagian besar dapur menyiapkan dimsum yang sudah dibumbui, jadi Anda tidak perlu menambahkan ekstra saus, tetapi itu tergantung selera. Jika tetap ingin menggunakan saus tambahan, jangan gunakan terlalu banyak," ujar Chef Chan Yan-tak.

Beberapa orang suka makanan asin atau pedas, jadi saat makan dimsum ditambahkan saus untuk membuat rasanya makin enak. Tetapi bagi yang suka dimsum original, tentu tidak perlu menambahkan saus atau bumbu tambahan lagi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Puas Makan Dimsum di Resto Kekinian Yinyang Dimsum"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Dimsum Kekinian
FOKUS BERITA Dimsum Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com