Datang ke Resto Berusia 6 Abad, YouTuber Ini Terpikat Makanan Klasik

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 07 Des 2021 18:00 WIB
YouTuber Kunjungi Restoran Berusia 6 Abad
Foto: YouTube/Jolly
Jakarta -

Beberapa negara punya tempat makan andalannya sendiri-sendiri. Bahkan ada yang sangat legendaris karena beroperasi sejak 661 tahun yang lalu.

Saat pergi berkunjung ke luar negeri biasanya tempat-tempat legendaris yang bersejarah menjadi agenda kunjungan yang tidak boleh untuk dilewatkan. Tempat legendaris dan bersejarah ini bukan hanya tentang museum dan peninggalan benda bersejarah lainnya, tetapi juga restoran tua.

Di beberapa tempat pasti ada restoran legendaris yang menjadi ciri khas. Dianggap layaknya destinasi wisata, turis yang tengah berkunjung ke daerah itu biasanya tak melewatkan kesempatan untuk mengunjunginya.

Tengah melakukan perjalanan mencari kuliner-kuliner terbaik di Skotlandia, duo YouTuber asal Inggris ini mampir ke restoran tertua di Skotlandia. Dijaga keasliannya, restoran ini bahkan sudah berdiri sejak ratusan tahun silam.

Baca juga: 4 Crazy Rich Muda Belia yang Sukses Bisnis Kuliner

YouTuber Kunjungi Restoran Berusia 6 AbadYouTuber Kunjungi Restoran Berusia 6 Abad Foto: YouTube/Jolly

Melalui YouTube Jolly (6/12), Josh dan Ollie mengunjungi sebuah tempat bernama Sheep Hein Inn. Restoran ini secara resmi dinobatkan sebagai restoran asli Skotlandia tertua yang masih mampu bertahan hingga hari ini.

Pada plangnya tertulis tahun pertama kali restoran ini dibuka untuk umum. Berdiri sejak 1360, restoran ini bahkan sudah ada lebih dahulu dibandingkan revolusi sebuah tempat makan disebut menjadi restoran untuk pertama kalinya di dunia.

Sebelum mencicipi makanan tradisional klasik bergaya Skotlandia, Josh dan Ollie melihat-lihat dan mencoba seluruh fasilitas yang ada. Salah satunya adalah area mini bowling yang kayunya sudah mulai lapuk.

Setelah beberapa waktu menunggu, akhirnya makanan yang dipesan keduanya datang dan disajikan. Josh memesan pie daging sedangkan Ollie memesan scallop dan daging perut babi panggang. Kedua makanan itu adalah makanan tradisional klasik khas Skotlandia.

"Mempertimbangkan bahwa makanan dan restoran ini sudah beroperasi hampir 700 tahun, ini benar-benar luar biasa. Aku pikir hanya karena umurnya yang lama sehingga mereka tercatat dalam rekor dunia. Tetapi tidak menyangka bahwa rasa makanannya tetap terjaga," kata Ollie.

Baca juga: Warung Bu Spoed, Bertahan Selama 1 Abad Berkat Resep Turun-Temurun

YouTuber Kunjungi Restoran Berusia 6 AbadYouTuber Kunjungi Restoran Berusia 6 Abad Foto: YouTube/Jolly

Keduanya benar-benar begitu menikmati hidangan khas Skotlandia ini. Josh bahkan membandingkan kelezatan makanan tradisional khas Skotlandia dengan makanan tradisional Inggris.

"Ini benar-benar luar biasa sebagai makanan tradisional yang bisa dirasakan turun temurun. Di Inggris, kami hanya bisa merasakan fish and chips, mungkin dengan kentang yang mulai lembek dan berminyak," kata Josh.

Selain makanan utama, mereka juga mencicipi makanan penutup tradisional khas Skotlandia. Mirip seperti puding roti, hidangan penutup yang mereka cicipi bahkan sudah disajikan sejak awal tahun 1112 di rumah-rumah di Skotlandia.

Hingga suapan terakhir, keduanya benar-benar terpikat dan tak bisa berkata-kata banyak. Ollie bahkan menduga bahwa hidangan ini menjadi inspirasi pertama orang-orang di dunia membuat puding roti dan ketika puding roti populer, orang tradisional Skotlandia hanya berpikir itu hal yang biasa.

Baca juga: 5 Kesalahan Meracik yang Bikin Teh Jadi Minuman Tak Sehat



Simak Video "Warga Kairo Berburu Makanan Tradisional Khas Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)