Chef Ini Melarang Pengunjung Membawa ART ke Restoran

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 07 Des 2021 15:30 WIB
Chef Ini Melarang Pengunjung Membawa ART ke Restoran
Foto: Site News
Jakarta -

Punya saran yang cukup unik, chef ini minta agar orang-orang tidak membawa asisten rumah tangga (ART) saat makan di restoran atau kafe.

Setiap restoran dan chef pastinya memiliki peraturan hingga kebijakan masing-masing. Seringkali peraturan ini dibuat dengan banyak pertimbangan dibaliknya. Seperti chef bernama Harssh Kedia, yang terkenal sebagai salah satu chef profesional asal India.

Chef Kedia sudah beberapa kali diulas oleh Forbes hingga Hindustan Times karena makanannya. Tentunya ia memiliki saran unik seputar orang-orang yang ingin membawa ART mereka ketika makan di restoran atau kafe.

Dilansir dari Storypick (07/12), saran unik ini ia sampaikan lewat akun Instagramnya. Ia meminta dengan sopan, agar para ART ini tidak usah diajak ke restoran, bandara, kafe hingga tempat umum lainnya jika majikan mereka tidak bisa memperlakukan mereka dengan baik di depan umum.

"Tolong berhenti mengajak ART Anda ke restoran, kafe, bandara hingga stasiun kereta jika Anda tidak mau mereka duduk satu meja dengan Anda. Apalagi jika Anda tidak memesankan makanan yang sama dengan yang Anda makan," tulis Chef Kedia.

"Jangan pernah bawa mereka, jika kalian tidak bisa bersikap sopan kepada mereka. Orang-orang ini (ART), merupakan orang-orang yang mengurus Anda, merawat anak-anak Anda dan menanggung beban berat dari yang Anda lakukan," sambung Chef Kedia yang cukup vokal menyuarakan opininya.

Baca Juga: Belum Pernah Makan KFC, ART Ini Bahagia Ditraktir Sang Majikan!" selengkapnya

Bukan tanpa alasan mengapa Chef Kedia tiba-tiba melarang pengunjung hingga orang-orang untuk membawa ART ke tempat umum, terutama ke restoran atau tempat makan. Sebelumnya ia menjelaskan bahwa ia pernah melihat satu keluarga di bandara tengah asyik makan di restoran, sementara ART mereka berdiri di luar restoran.

Chef Ini Melarang Pengunjung Membawa ART ke RestoranChef Ini Melarang Pengunjung Membawa ART ke Restoran Foto: Site News

"Saya saat itu berada di bandara, di mana saya melihat ada babysitter atau ART tengah berdiri menunggu keluarga majikan mereka makan. Bahkan keluarga ini tidak menawarkan makanan atau bangku untuknya duduk. Sangat memalukan! Saya langsung berdiri dan memberikannya kursi saya, dengan harapan keluarga itu akan mengerti bahwa yang mereka lakukan salah. Tapi yang keluarga itu lakukan justru tidak peduli dan lanjut menyantap makanan mahal mereka," ungkap Chef Kedia.


Saran sekaligus kisah dari Chef Kedia ini berhasil mendapatkan komentar yang beragam dari para netizen. Banyak netizen yang setuju bahwa orang-orang harus lebih memperlakukan ART atau orang yang bekerja untuk mereka dengan sopan.

"Selain tidak boleh makan bersama di restoran. Ada juga orang-orang yang sengaja membawa perlatan makan khusus atau terpisah untuk ART mereka. Padahal apa bedanya? Mereka tinggal di rumah Anda, membersihkan rumah Anda setiap harinya," komen @gee**.

Chef Ini Melarang Pengunjung Membawa ART ke RestoranChef Ini Melarang Pengunjung Membawa ART ke Restoran Foto: Site News

"Setuju sekali dengan saran ini, saya pernah lihat seseorang tengah makan ayam goreng di KFC. Di sampingnya ada ART yang menatapnya makan," sambung @har**.

"Di tahun 2021 ini semuanya harus seimbang, tak peduli apa pekerjaan dan statusnya. Rasa kemanusiaan itu nomor satu," pungkas @khus**.

Baca Juga: Beruntung! 5 ART Ini Dapat Majikan Baik, Ditraktir hingga Boleh Makan Banyak" selengkapnya



Simak Video "Resep Nasi Kebuli Ayam"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)