8 Hal yang Harus Dihindari Saat Cuci Piring Pakai Tangan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 05 Des 2021 08:00 WIB
8 Hal yang Harus Dihindari Saat Cuci Piring Pakai Tangan Foto: Getty Images/pixelfit

4. Tidak merendam cucian piring

Menumpuk cucian piring memang tidak baik, namun mencucinya langsung juga tidak disarankan. Lebih baik kamu merendam sebentar cucian piring dengan campuran air hangat dan sabun. Tujuannya agar noda-noda yang membandel akan lebih mudah dibersihkan nantinya.

Proses merendam cucian ini juga berlaku untuk wajan atau panci yang besar. Jika benar-benar kotor, kamu bisa merendamnya semalaman sebelum dicuci.

5. Merendam yang tidak perlu

8 Hal yang Harus Dihindari Saat Cuci Piring Pakai Tangan8 Hal yang Harus Dihindari Saat Cuci Piring Pakai Tangan Foto: Getty Images/pixelfit

Tak semua piring dan alat dapur perlu direndam sebelum dicuci. Ada beberapa jenis yang tidak memerlukan proses ini. Misalnya wajan besi dan kayu.

Hindari juga merendam pisau karena bisa menyebabkan pisau berkarat atau mengotori gagangnya jika terbuat dari kayu. Lebih baik letakkan barang-barang ini di samping bak cucian piring dan cucilah saat kamu sudah siap.

6. Pakai terlalu banyak sabun

Busa sabun yang berlimpah sering diasosiasikan dengan cucian piring yang lebih bersih. Faktanya, kamu tak perlu menggunakan terlalu banyak sabun.

Untuk jumlah ideal, coba teteskan sedikit sabun cuci piring ke dalam mangkuk kecil bersama air. Kemudian rendam spons cuci piring di larutan ini. Cara ini sekaligus bisa menghemat pemakaian sabun cuci piring.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com