8 Hal yang Harus Dihindari Saat Cuci Piring Pakai Tangan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 05 Des 2021 08:00 WIB
8 Hal yang Harus Dihindari Saat Cuci Piring Pakai Tangan
Foto: Getty Images/pixelfit
Jakarta -

Cuci piring pakai tangan terkesan sepele, namun ternyata ada beberapa hal yang perlu kamu hindari supaya kegiatan cuci piring lebih efektif dan efisien. Ini dia informasinya.

Di negara Barat, masyarakatnya terbiasa mencuci piring dengan bantuan dishwasher. Tapi beda halnya di Asia, termasuk Indonesia, di mana sebagian besar warganya masih mencuci piring dengan tangan secara manual.

Meski praktik ini terkesan sepele, nyatanya ada tips yang perlu diperhatikan. Salah satunya soal hal yang harus dihindari saat cuci piring dengan tangan.

Dengan melakukan tips ini, kegiatan cuci piring bakal jadi lebih efektif dan efisien. Tipsnya mulai dari tidak menunda waktu cuci piring hingga penggunaan spons dan sabun cuci piring yang tepat.

Ini dia 8 hal yang harus dihindari saat cuci piring pakai tangan, menurut The Kitchn (3/12/21):

1. Menunda waktu cuci piring

8 Hal yang Harus Dihindari Saat Cuci Piring Pakai Tangan8 Hal yang Harus Dihindari Saat Cuci Piring Pakai Tangan Foto: Getty Images/pixelfit

Melihat tumpukan cucian piring, termasuk alat dapur lainnya, sangat tidak disarankan. Jika sudah ada cukup banyak cucian piring, segera bersihkan. Menundanya hanya akan bikin kegiatan cuci piring lebih merepotkan lagi nantinya.

Bukan tidak mungkin noda-noda yang menempel di piring atau alat dapur lain semakin menempel dan sulit dibersihkan. Dapurpun akan terlihat penuh dan kotor saat kamu menunda waktu cuci piring.

2. Menggunakan spons kotor

Meski tampilannya masih bersih dan bentuknya belum kempes, bukan berarti spons cuci piring masih aman dipakai. Faktanya, spons sudah kotor jauh sebelum spons memiliki bau tak sedap dan berubah warnanya.

Usahakan mengganti spons cuci piring seminggu sekali. Selain menjaga kebersihan, cara ini juga bisa mencegah penyebaran bakteri yang lebih buruk lagi.

3. Mencuci piring dengan tangan telanjang

8 Hal yang Harus Dihindari Saat Cuci Piring Pakai Tangan8 Hal yang Harus Dihindari Saat Cuci Piring Pakai Tangan Foto: Getty Images/pixelfit

Banyak orang Indonesia terbiasa cuci piring dengan tangan telanjang. Padahal praktik yang disarankan adalah memakai sarung tangan khusus untuk cuci piring.

Hal ini bisa mencegah tangan kering, kotor, atau kulit mengelupas. Tak hanya itu, sarung tangan bisa melindungi kulit tangan dari panasnya air yang diperlukan saat kamu ingin membersihkan piring dengan lebih efektif.