10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 04 Des 2021 10:00 WIB
10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan Foto: Panitia Festival Kampung Nelayan Tomalou

8. Daso Paru

10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan Foto: Panitia Festival Kampung Nelayan Tomalou

Kuliner khas Tidore yang satu ini terbuat dari singkong parut. Singkong parut tersebut dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus hingga matang.

Umi Salam menjelaskan bahwa pada zaman dahulu, masyarakat Tidore jaran makan nasi. BIasanya hanya seminggu sekali. Karenanya mereka lebih sering makan singkong.

"Tapi makanan ini sudah jarang dikonsumsi jadinya langka," ujar Umi Salam.

9. Rica Isi

Rica ici terbuat dari cabai merah yang di dalamnya diisi dengan ikan cakalang atau ikan tongkol halus yang sudah diberi bumbu. Cabai merah tersebut dibalut tepung lalu digoreng.

Bagi masyarakat Tidore, rica menyimbolkan kebersamaan. Kuliner ini biasa disajikan dalam acara penting, seperti tujuh harian orang meninggal, acara pernikahan dan ritual.

10. Kopi Dabe

10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan Ilustrasi Foto: iStock

Dalam bahasa Tidore kata dabe berarti baku tambah, maksudnya adalah tambahan bahan pada kopi. KOpi dabe khas Tidore ini diracik dengan rempah-rempah.

Mulai dari cengkeh, kayu manis, pala dan jahe. Bahan-bahan tersebut lebih dulu disangrai, kemudian ditumbuk. Dulu, kopi dabe disajikan dalam tempurung kelapa kecil.

Sekarang cara membuat kopi dabe sangat berbeda dengan dulu. Sekarang diberi tambahan berupa daun pandang dan disajikan dalam mangkuk kecil di acara pengajian atau ritual.

Baca Juga: 3 Fakta Desa Tomalou Tidore, Kampung Nelayan yang Punya Teknik Mancing Huhate

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Seger! Makan Soto Oseng Kaki Sapi di Jakarta Pusat"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com