10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 04 Des 2021 10:00 WIB
10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan Foto: Panitia Festival Kampung Nelayan Tomalou

4. Gohu Ikan

10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan Foto: Panitia Festival Kampung Nelayan Tomalou

Bukan hanya jantung pisang saja yang disajikan mentah, tetapi ada juga ikan. Biasanya ikan segar yang baru dipancing oleh nelayan langsung dipotong dan diolah.

Bumbu mentah yang digunakan adalah bawang, cabai dan daun kemangi. Selain itu, juga diberi garam dan air lemon.

"Biasanya kalau ada acara dan ada gohu ikan, tamu akan ambil gohu ikan dulu karena masih segar ikannya," ujar Umi Salam.

Lebih lanjut, Umi Salam juga menjelaskan bahwa gohu ikan biasa dimakan pakai sagu lempeng, pisang santan dan singkong.

5. Sagu Lempeng

10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan Foto: Wikipedia

Sagu lempeng merupakan jenis kue yang berasal dari Tidore. Ada dua jenis sagu lempeng, yaitu hula daso yang terbuat dari tepung singkong dan gula garo dari tepung sagu.

Umi Salam menjelaskan bahwa cara masak keduanya sama-sama dengan cara dipanggang sampai matang. "Singkong parut ditindih pakai papan, kemudian atasnya diberi batu agar kandungan air singkong keluar," ujarnya.

Cara tersebutlah yang akan membuat kue ini menjadi kering. Umi Salam menceritakan bahwa orang Tidore pernah menyajikan sagu lempeng kepada orang Spanyol yang datang ke Tidore.

"Dulu mereka cari roti tapi gak ada. Mereka pun minta makanan yang mirip sori, akhirnya masyarakat Tidore menyajikan sagu lempeng yang disantap pakai garam patu atau abon ikan," tuturnya.

Baca Juga: 5 Fakta Ngogu Adat, Makanan dalam Acara Adat Maluku

6. Tele Gule

10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan Foto: Panitia Festival Kampung Nelayan Tomalou

Tele gule merupakan makanan khas Tidore yang terbuat dari jagung kering. Jagung kering tersebut kemudian dihaluskan dan dimasak seperti membuat bubur.

Tele gule ini berbeda dengan nasi jagung. Orang Tidore biasa memasak nasi jagung dengan mencampurkan nasi dan santan. Nasi jagung tersebut disantap pakai ikan tumbuk.

7. Dalawaho

Masyarakat Tidore biasa menyebut dalawaho dengan sebutan sayur lilin atau terubuk tebu. Proses membuatnya pertama harus membakar dalawaho pakai kompor atau tungku.

Proses tersebut agar membuat teksturnya lebih padat jadi tidak berhamburan saat dipotong. Setelah dibakar,dalawaho dimasak dan dicampur santan lalu digoreng.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Seger! Makan Soto Oseng Kaki Sapi di Jakarta Pusat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com