10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 04 Des 2021 10:00 WIB
10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan Foto: Panitia Festival Kampung Nelayan Tomalou
Jakarta -

Tidore, Maluku Utara memiliki kuliner yang tak kalah beragam dari daerah lain di Indonesia. Mulai dari yang berbahan sagu hingga ikan.

Keberagaman kuliner di Tidore ini dibahas oleh Umi Salam Mahua, seorang Prajktisi Kuliner Tidore dalam acara Moloku Kie Raha bersama Aksara Pangan (28/11/21).

Dalam acara yang dilakukan secara online, Umi Salam menjelaskan bahwa Tidore memiliki festival yang disebut Festival Kampung Nelayan Tomalou yang menyajikan berbagai kuliner khas Tidore.

Karena dikenal sebagai kampung nelayan, kuliner khas Tidore banyak yang terbuat dari ikan. Kuliner tersebut kemudian disajikan di atas sepe atau wadah yang terbuat dari tanah liat.

Berikut 10 kuliner khas Tidore, Maluku Utara:

1. Pupeda

Cara Makan Papeda10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan Ilustrasi Foto: dok. detikFood

Pupeda merupakan kuliner khas Tidore yang terbuat dari sagu. Umi Salam Mahua menjelaskan bahwa pupeda memiliki tekstur kental dan padat.

Sementara rasanya tawar, karenanya pupeda biasa disajikan dengan sayuran berkuah dan lauk pauk. "Biasanya menggunakan kuah soru dan ikan cakalang atau ikan tuna," ujar Umi Salam.

2. Ikan Kuah Soru

Ikan kuah soru terbuat dari ikan tore. Masyarakat Tidore biasa menyebut ikan tersebut dengan sebutan ikan roa atau ikan julung. Ikan tersebut lebih dulu diasapi.

Proses pengasapan tersebut menggunakan tungku. Waktu yang dibutuhkan terbilang lama. Kemudian, ikannya diracik dengan cabai merah besar dan tomat.

"Semua bahan dan bumbu untuk ikan kuah soru ini dibakar dulu sebelum diracik," tutur Umi Salam.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Makan Seafood Enak di Jakarta

3. Kusi Gohu

10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan10 Kuliner khas Tidore, Ada Pupeda hingga Gohu Ikan Foto: Panitia Festival Kampung Nelayan Tomalou

Arti kata gohu dalam bahasa Tidore artinya adalah mentah. Nah kusi gohu ini merupakan kuliner khas Tidore berupa jantung pisang mentah.

Biasanya kusi gohu ini dicampur ke dalam campuran ikan tore. Bumbu yang digunakan seperti bawang merah, cabai, kenari halus juga dibuat mentah.

"Cara mengolahnya supayagak berwarna hitam dengan memasukkan ke dalam wadah berisi air campur air jeruk. Biasanya ini disantap dengan sagukasbi atau pisang goreng," tutur Umi Salam.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Seger! Makan Soto Oseng Kaki Sapi di Jakarta Pusat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com