Bikin Haru! 5 Penjual Makanan Ini Dapat Donasi dari Netizen hingga Ratusan Juta Rupiah

Devi Setya - detikFood
Jumat, 03 Des 2021 13:30 WIB
Bawa Uang Rp 5000 Buat Beli Nasi Padang, Penjual Agar-agar Ini Dapat Donasi Rp 100 Juta
Foto: tiktok @elsameliaa
Jakarta -

Media sosial memiliki peran besar dalam berbagai hal, termasuk saat melihat konten mengharukan. Ada beberapa penjual makanan yang dapat donasi dari netizen, jumlahnya bahkan sampai ratusan juta. Wow!

Maraknya penggunaan media sosial membuat netizen bebas membagikan berbagai hal. Beberapa kisah mengharukan juga kerap dijadikan konten video ataupun foto.

Tak hanya sekedar berbagi informasi. Terkadang beberapa konten yang dibagikan juga menyentuh perasaan. Seperti kisah haru para penjual makanan yang berhasil menarik perhatian netizen sekaligus menggerakkan ratusan netizen untuk menggalang dana.

Sebut saja beberapa waktu lalu ada seorang netizen yang juga anak dari pemilik resto Padang yang merekam seorang pembeli nasi Padang hanya membawa uang Rp 5.000. Pembeli nasi padang ini adalah seorang penjual agar-agar.

Kisah menyentuh ini berhasil menggerakkan ribuan netizen untuk mengumpulkan donasi. Sampai akhirnya, terkumpul donasi lebih dari Rp 100 juta.

Dan yang terbaru, ada seorang penjual cireng di Jember yang menjual cireng unik berbentuk binatang. Penjual cireng ini juga mendapat donasi uang Rp 3,7 juta.

Berikut beberapa kisah pedagang makanan yang mendapat donasi dari netizen:

1. Penjual agar-agar dapat donasi Rp 100 juta

Penjual agar-agar di Garut mendapatkan donasi dari netizen setelah videonya viral. Penjual bernama Pak Eman ini viral setelah direkam oleh anak pemilik restoran Padang di Garut.

Saat itu Pak Eman malu-malu masuk ke restoran Padang, ia mengatakan ingin membeli nasi Padang untuk keluarganya namun hanya memiliki uang Rp 5.000. Pemilik restoran Padang dengan senang hati melayani Pak Eman, bahkan porsi nasi Padangnya sengaja dibuat banyak.

Tak disangka, video ini viral dan mengundang simpati ribuan netizen. Setelah open donasi selama dua hari, terkumpul uang Rp 107 juta untuk diberikan kepada Pak Eman. Banyak yang berharap agar Pak Eman bisa membuka usaha baru yang lebih layak.