3 Makanan dan Minuman yang Pertama Kali Disantap oleh Penghuni Surga Kelak

Riska Fitria - detikFood Jumat, 03 Des 2021 05:00 WIB
3 Makanan dan Minuman yang Pertama Kali Disantap oleh Penghuni Surga Kelak Foto: iStock
Jakarta -

Surga merupakan tempat paling mulia yang Allah SWT janjikan untuk hambanya. Ketika berada di sana, ini makanan yang pertama kali akan disantap oleh penghuni surga.

Allah SWT telah menjanjikan surga bagi hambanya yang taat. Di dalam Al Qur'an, surga digambarkan sebagai tempat indah seluas langit dan bumi.

Segala yang diinginkan oleh manusia akan dikabulkan oleh Allah SWT ketika di surga, termasuk juga soal makanan lezat. Namun, ada beberapa makanan yang pertama kali akan disantap oleh penghuni surga.

Baca Juga: 10 Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW dan Manfaat Sehatnya

1. Hati Ikan Paus

3 Makanan dan Minuman yang Pertama Kali Disantap oleh Penghuni Surga Kelak3 Makanan dan Minuman yang Pertama Kali Disantap oleh Penghuni Surga Kelak Ilustrasi Foto: iStock

Soal makanan yang pertama kali akan dimakan oleh penghuni surga dijelaskan dalam kitab Fath al-Baari, penjelasan Shahih Bukhari karya Ibnu Hajar Al-Asqalani.

Dijelaskan bahwa makanan pertama yang akan dikonsumsi orang-orang surga di antara Nabi Muhammad SAW adalah hati ikan paus. Dan hal ini sebenarnya hanya Nabi Muhammad SAW saja yang tahu.

Berawal dari Abdullah bin Salam bertanya kepada Nabi Muhammad SAW yang baru saja tiba di Madinah. Abdullah bertanya suatu hal yang jika Nabi Muhammad SAW menjawabnya, maka dia akan masuk surga.

Dia menghampiri Nabi Muhammad SAW dan menanyakan tiga pertanyaan yang hanya seorang Nabi saja yang tahu. Salah satunya tentang makanan pertama yang disantap oleh para penghuni surga.

"Apa yang pertama kali dimakan penduduk surga?," tanya Abdullah. Kemudian Nabi Muhammad SAW menjawab, "Hati ikan paus dari tepi surga,".

2. Mengapa Hati Ikan Puas?

Dikutip dari Mawdoo, hati ikan paus yang disajikan adalah satu potong yang tergantung di hati ikan. Makanan ini merupakan makanan terbaik bagi penghuni surga.

Lantas mengapa harus hati ikan paus? Dalam hal ini, Ibnu Hajar Al-Asqalani menjelaskan bahwa ada tujuan di balik menu dipilihnya hati ikan paus sebagai makanan pertama penghuni surga.

Tujuannya adalah untuk menunjukkan betapa lelahnya kehidupan di dunia dan berakhirnya dunia yang fana ini. Apakah hati ikan paus hanya satu-satunya makanan yang disajikan pertama kali?

Secara ilmiah, hati ikan paus merupakan bagian terpisah yang melekat pada hari. Dan bagian ini merupakan bagian yang terbaik. Bagian ini kaya akan vitamin D.

Selain itu, bagian tersebut bermanfaat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengurangi lemak dalam tubuh dan mengurangi nyeri sendi.

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman Ini Tertulis dalam Alquran dan Akan Ada di Surga

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Resep Teri Telur Balado"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com