ADVERTISEMENT

Tempat Makan Legendaris Masih Eksis

5 Restoran Chinese Food Tertua di Jakarta, Ada yang Hampir Seabad

Devi Setya - detikFood
Jumat, 03 Des 2021 11:30 WIB
Fuyunghai dan Sapo Tahu Ada di Warung Kaki Lima hingga Restoran China
Foto: Getty Images/hxyume
Jakarta -

Masakan China punya banyak penggemar karena citarasanya lezat. Tak heran jika restoran Chinese Food ada yang mampu bertahan tetap eksis hampir seratus tahun.

Deretan menu Chinese Food seperti fuyung hai, ayam kuluyuk atau mie goreng China tak pernah kehilangan pembeli. Racikan bumbu dan saus khas China yang autentik menjadikan makanan ini disukai oleh banyak kalangan.


Beberapa restoran China legendaris bisa dijumpai dengan mudah di Jakarta. Sebut saja salah satunya Trio, restoran yang bahkan sudah beroperasi tak lama setelah Indonesia merdeka yakni tahun 1947.

Trio yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini bukanlah restoran mewah karena bangunannya sangat sederhana. Rasa hidangan China Kanton yang autentik menjadikan restoran ini mampu bertahan melewati zaman.

Tak kalah legendaris, ada restoran Eka Ria yang sejarahnya tak kalah panjang. Restoran ini sudah berusia 96 tahun alias hampir satu abad dan masih eksis dengan pelanggan yang datang dari berbagai kalangan.

Berikut beberapa restoran China legendaris yang masih eksis di Jakarta:

1. Trio

Restoran TrioRestoran Trio Foto: dok. detikFood


Jika melintas di kawasan Menteng Jakarta Pusat kamu bisa menemukan restoran Trio dengan mudah karena lokasinya persis berada di pinggir jalan. Bangunan restoran ini sederhana dengan dominasi warna hijau dan putih pada dinding serta pintunya.

Restoran Trio dibuka sejak tahun 1947. Mengandalkan hidangan China Kanton, Trio punya deretan menu seperti lumpia udang, mie goreng oriental, fuyung hai, ayam lada hitam dan sup asparagus. Semua menu ini diracik dengan bumbu yang sama secara turun temurun.

Tak heran kalau pelanggan restoran Trio berasal dari berbagai kalangan mulai dari masyarakat biasa, orang kantoran hingga pejabat. Kabarnya, mantan Gubernur Jakarta, Ali Sadikin menjadi salah satu pelanggan tetap restoran Trio. Meskipun harga makanan di sini terbilang agak mahal tetapi sebanding dengan rasa dan porsinya yang jumbo.



Simak Video "Restoran China di Hotel Karawang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT