Fakta 'Crab Stick' Olahan Seafood yang Tidak Mengandung Kepiting

Devi Setya - detikFood Jumat, 03 Des 2021 08:00 WIB
Fakta Crab Stick Olahan Seafood yang Tidak Mengandung Kepiting Foto: Getty Images/iStockphoto/Yata
Jakarta -

Crab stick merupakan olahan seafood populer yang disukai karena tekstur dan rasanya seperti daging kepiting. Meskipun disebut crab stick, tapi makanan ini sebenarnya tidak mengandung daging kepiting.

Crab stick atau sering juga disebut surimi terbilang makanan olahan yang sudah lama ditambahkan sebagai campuran masakan. Crab stick juga kerap dijumpai pada beberapa jenis sushi.

Kebanyakan orang mengira bahwa crab stick terbuat dari daging kepiting yang sudah dipisahkan dari cangkangnya. Apalagi teksturnya juga berserat dan lembut membuat banyak orang terkecoh.

Fakta 'Crab Stick' Olahan Seafood yang Tidak Mengandung KepitingFakta 'Crab Stick' Olahan Seafood yang Tidak Mengandung Kepiting Foto: Getty Images/iStockphoto/Yata

Dilansir dari The Daily Meal (2/12) crab stick adalah kepiting imitasi alias kepiting palsu karena bahan bakunya bukanlah dari daging kepiting.

Crab stick pertama kali diproduksi pada tahun 1970-an. Pada tahun 1975, Osaki Suisan Co., Ltd., dari Jepang pertama kali memproduksi dan mematenkan crab stick. Dua tahun kemudian makanan olahan ini diperkenalkan secara internasional oleh The Berelson Company dari San Francisco, California, Amerika Serikat.

Crab stick terbuat dari ikan pollock Alaska, sejenis ikan cod yang banyak ditemukan di perairan Samudra Pasifik Utara. Daging ikan ini kemudian diolah dengan campuran putih telur, tepung jagung, tepung kentang dan perasa. Bagian lapisan luar dari crab stick diberi pewarna merah muda yang sekaligus menjadi ciri khas makanan olahan seafood ini.

Fakta 'Crab Stick' Olahan Seafood yang Tidak Mengandung KepitingFakta 'Crab Stick' Olahan Seafood yang Tidak Mengandung Kepiting Foto: Getty Images/iStockphoto/Yata

Adonan crab stick yang bertekstur kenyal lembut ini kemudian dicetak dan dibentuk memanjang kemudian dipotong kecil seperti stik. Ketika dijadikan campuran masakan, crab stick bisa dibiarkan utuh ataupun dipotong menjadi lebih kecil lagi.

Meskipun tidak mengandung daging kepiting, tetapi crab stick punya rasa gurih asin. Aromanya sengaja dibuat mirip seafood sehingga menjadikan makanan olahan ini punya banyak penggemar. Apalagi rasanya enak dan harganya cukup terjangkau.

Crab stick bisa dijadikan campuran pada sup, shabu-shabu, isian sushi ataupun sebagai pelengkap nasi goreng. Sup seafood juga biasa diolah dengan tambahan crab stick yang dicampur bersama beberapa seafood lain seperti ikan, udang dan kerang.



Simak Video "Bikin Laper: Lembut Manis Kepiting Bakar Asap Daun Pisang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com