ADVERTISEMENT

Top Banget! Kakek 72 Tahun Ini Sudah Makan di 8 Ribu Restoran China yang Berbeda

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 02 Des 2021 17:34 WIB
5 ‘Chinese Food’ Populer Ini Ternyata Tak Ada di China
Foto: iStock
Jakarta -

Menjadi pensiunan pengacara, membuat kakek yang satu ini memutuskan untuk menghabiskan waktu luangnya dengan mencicipi ribuan restoran khas China.

Berbeda dengan pensiunan lainnya, yang lebih memilih menghabiskan masa tua mereka dengan bersantai di rumah. Berbeda ceritanya dengan David R Chan, kakek berusia 72 tahun asal China yang merupakan imigran di Amerika.

Dilansir dari Daily Mail UK (02/12), sejak awal tahun 1990-an, David punya kebiasaan yang unik seputar hobi makannya di restoran. Ia selalu memilih restoran khas China yang ada di Amerika, lalu mendatanya di Microsoft Excel, untuk mencat nama-nama restoran khas China yang pernah dikunginya.

Terhitung hingga sekarang, Chan sudah mengunjungi lebih dari 7,812 restoran khas China.

Meski sudah mengunjungi ribuan restoran China, tapi Chan masih tidak bisa menggunakan sumpit, ia juga tidak terlalu suka dengan teh yang biasanya disajikan di berbagai restoran.

Chan menekankan bahwa dia bukan penggemar kuliner, dan ia juga tidak terlalu perduli dengan makanan yang disantapnya. Ia hanya mampir ke setiap restoran khas China, untuk mengisi daftar restorannya.

"Makan di restoran bagi saya hanya bagian dari daftar di Excel saja. Saya selalu suka dengan hal ini, saya suka menumpulkan stampel, koin, hingga mengoleksi kartu baseball," ujar pria berusia 70 tahun tersebut.

Baca Juga: Baik Banget! 5 Kisah Majikan yang Kompak Makan Bareng ART" selengkapnya


Awalnya kebiasaan mengoleksi daftar restoran ini dimulai di pertengahan tahun 70an. Kala itu Chan mulai melihat banyaknya restoran khas China yang bermunculan di Amerika, setelah banyak imigran dari China yang menetap di sana.

Sejak saat itu ia bertekad untuk tidak pernah makan di restoran yang sama lebih dari satu kali. Awalnya Chan hanya mengandalkan kertas dan pulpen, untuk mencatat setiap restoran yang dikunjunginya agar ia tidak lupa. Kemudian di tahun 1992, Chan membeli komputer pertamanya. Kemudian ia mulai menulis daftar restoran itu di Microsoft Excel.

Memang nama Chan mulai diliput banyak media di tahun 2012, namun kini Chan lebih suka mengabadikan foto-foto makanan dan restoran khas China yang dikunjunginya di akun Instagram miliknya, yaitu @chandavkl.

"Meski berasal dari China, tapi saya tidak tahu bahwa makanan khas China sebanyak ini. Namun setelah mencicipinya di berbagai restran China yang ada di Amerika, saya mulai mempelajari aneka makanan-makanan in," pungkas Chan.

Walau kini ia masih menikmati hobinya mencicipi aneka makanan di ribuan restoran khas China yang berbeda. Dalam salah satu sesi wawancaranya pada tahun 2018 lalu, Chan mengungkapkan bahwa dia berencana untuk mencicipi restoran yang sama untuk kedua kalinya.

Kini Chan berhasil mengumpulkan lebih dari 15 ribu followers di akun Instagramnya, yang selalu mendukung acara makan-makannya di restoran China.

Baca Juga: Pasangan Ini Setiap Hari Makan di Restoran yang Sama Selama 15 Tahun" selengkapnya



Simak Video "Restoran China di Hotel Karawang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT