Tempat Makan Legendaris Masih Eksis

5 Restoran Klasik Zaman Belanda yang Buka Sejak Tahun 1920-an

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 02 Des 2021 12:00 WIB
Restoran Tip Top Medan Foto: Tip Top Medan
Jakarta -

Berdiri sejak era kolonial Belanda, banyak restoran klasik dan legendaris di Indonesia yang masih bertahan sampai sekarang. Tentunya dengan menu makanan yang tak pernah berubah.

Mirip seperti konsep warung kopi legendaris di Indonesia yang bertahan sejak puluhan tahun lalu. Restoran-restoran klasik dan legendaris ini, tak lekang oleh waktu meski harus bersaing dengan restoran modern yang menyajikan makanan kekinian.

Kebanyakan restoran ini berusia di atas 70 tahun, bahkan ada yang nyaris mencapai usia 100 tahun. Seperti restoran Sumber Hidangan di Bandung yang buka sejak tahun 1929, kemudian ada juga restoran Toko Oen yang eksis sejak tahun 1936.

Berikut lima restoran klasik di berbagai kota di Indonesia yang masih berdiri sampai sekarang.

Baca Juga: Dulu Toko Kue Sosialita Belanda, Kini Jadi Toko Es Krim Legendaris" selengkapnya


1. Toko Oen

es krimes krim Foto: (denocz/d'Traveler)

Pertama kali dibuka pada tahun 1936. Toko Oen dulunya punya empat cabang yang ada di Jakarta, Jogja, Malang dan Semarang. Kini yang tersisa hanya di Semarang dan Malang. Meski yang di Malang, disebut tidak berkaitan dengan cabang mereka di Semarang.

Walau kejayaan Toko Oen hanya tersisa di Semarang, tapi Keluarga Oen berhasil melebarkan sayap mereka ke Belanda. Untuk masalah hidangan, Toko Oen terkenal dengan menu es krim yang masih mempertahankan resep milik Nyonya Oen.

Menu yang paling favorit ada tutti frutti, peach melba, banana split, domino dan sonny boy. Kemudian bagi yang suka es krim dengan rasa klasik, Toko Oen juga punya menu es krim strawberry, cokelat, hingga moka.

Sementara untuk menu makanannya, ada makanan khas Indonesia dan Eropa. Seperti bistik sapi, bistik Hamburg, nasi goreng spesial, hingga pilihan hidangan khas Italia, dari spaghetti Panna E Funghi, hingga Scalopine de Pollo Al Limone.

2. Sumber Hidangan

Toko roti legendaris di BandungToko roti legendaris di Bandung Foto: (Nidia Praja/d'Traveler)

Penasaran dengan rasa roti klasik di Bandung? Di Sumber Hidangan, pengunjung bisa merasakan berbagai macam sajian roti. Toko kue yang berdiri sejak 1929 ini menjual berbagai macam varian roti klasik dari mulai croissant, bitterballen, chocolates rotsjes, roti tawar dan berbagai menu roti lainnya.

Dulu dikenal dengan nama Het Snoephuis yang artinya Rumah Jajan. Selama 91 tahun ini, Sumber Hidangan tidak pernah berpindah lokasi, tetap di Jalan Braga no. 20-22 Kota Bandung.

Jika makan di tempat, pengunjung bisa melihat nuansa kolonial Belanda. Bangunanya berlangit-langit tinggi, ukuran jendela yang besar, etalase, radio, mesin kasir, timbangan jadul sekaligus dengan perabotan lainnya. Sering menjadi tempat bernostalgia wisatawan asing dan lokal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kafe Gelato Pet Friendly yang Estetik di Kemang Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com