ADVERTISEMENT

Tutorial Bikin Bungkus Nasi Aestetik, Dilihat Sampai 4,7 Juta Kali

Devi Setya - detikFood
Rabu, 01 Des 2021 17:30 WIB
Tutorial Bikin Bungkus Nasi Aestetik, Dilihat Sampai 4,7 Juta Kali
Foto: TikTok @retnotimursari
Jakarta -

Kalau pernah membeli nasi bungkus di warteg atau restoran Padang tentu familiar dengan bentuk bungkus nasinya. Tapi ternyata bungkus nasi bisa dibentuk lebih aestetik.


Seorang penjual mie ayam membagikan tutorial cara membuat bungkus nasi yang aestetik sehingga tampak rapi. Untuk membuat bungkus nasi ini, bahan yang diperlukan hanyalah kertas nasi biasa. Dengan teknik melipat khusus, bungkus nasi ini jadi lebih bernilai seni.

Pemilik akun Tiktok @retnotimursari yang juga penjual mie ayam membagikan tutorial cara melipat kertas nasi ini. Wanita yang akrab disapa Retno ini mengambil selembar kertas nasi kemudian ia lipat menjadi dua lalu dilipat lagi untuk membentuk bagian dasar bungkus nasi menjadi seperti wadah mangkuk.

Ia juga membentuk bagian atasnya dengan bentuk lipatan yang rapi. Sehingga ketika diisi dengan makanan, tampak bungkus nasi ini jadi rapi layaknya sebuah paper box. Untuk membuat bungkus nasi yang kokoh dan tebal, Retno mengandalkan dua lembar kertas nasi sekaligus.

"Nasi bungkus jadi aestetik, bisa buat bungkus nasi, mie ayam, mie goreng," tulis Retno dalam videonya.

Tak disangka, video yang diunggah Retno ini langsung menarik banyak perhatian netizen. Hingga saat ini bahkan sudah disaksikan lebih dari 4,7 juta kali.

Saat dihubungi detikFood (1/12) Retno mengatakan tak menyangka kalau videonya viral padahal ia hanya membuat bungkus nasi sederhana. Ia juga mengatakan sengaja menunjukkan tutorial ini karena usaha mie ayam yang dilakoninya menggunakan bungkus seperti ini.

"Nggak nyangka videonya sampai 4 juta views. Banyak sekali komentar-komentar netizen yang juga bikin ngakak," kata Retno.

Tutorial Bikin Bungkus Nasi Aestetik, Dilihat Sampai 4,7 Juta KaliTutorial Bikin Bungkus Nasi Aestetik, Dilihat Sampai 4,7 Juta Kali Foto: TikTok @retnotimursari

Ia menanggapi semua komentar dengan positif. Ada lebih dari 3000 komentar netizen yang pro dan kontra dengan bentuk bungkus nasi seperti ini. Ada yang mengatakan porsinya jadi sedikit, namun banyak juga yang mengatakan akan lama menunggu jika bungkus nasi warteg dibentuk seperti ini.

"Aku juga pakai cara ini sama temen-temen untuk solidaritas pangan, biar kalo mau makan nggk ribet," kata netizen.

"Ya memang bener sih, kalo rapi dilihat nya enak, pelanggan suka, testimoni bagus, tapi enakan yg simple, simple juga bisa rapi & persingkat waktu," sahut netizen lain.

"Alhamdulillah saya juga sering bungkus nasi seperti ini. keliatan rapi dan menarik...walau lauknya sederhana," kata netizen dengan pengalaman serupa.

Retno dan sang suami memang berjualan mie ayam. Ia mengandalkan bungkus seperti ini untuk kemasan mie ayam buatannya. Selain lebih rapi, bungkus seperti ini juga sekaligus bisa jadi wadah makan.

"Bisa langsung jadi wadah makan, nggak perlu piring dan mangkuk. Saya bikinnya double dua lembar kertas nasi jadi tebal. Disiram kuah mie ayam juga kuat," lanjut Retno.

Ia merasa senang tutorial bungkus nasi aestetik buatannya menjadi viral. Ia berharap ilmu yang disampaikan ini bisa berguna.

"Alhamdulillah seneng kalau bermanfaat. Banyak yang minta dibuatkan tutorial seperti ini tapi videonya lebih lambat. Apapun komentarnya saya ucapkan terima kasih," pungkas Retno.

Tutorial Bikin Bungkus Nasi Aestetik, Dilihat Sampai 4,7 Juta KaliTutorial Bikin Bungkus Nasi Aestetik, Dilihat Sampai 4,7 Juta Kali Foto: TikTok @retnotimursari


Simak Video "Bikin Laper: Pizza dan Pasta yang Bikin Nafsu Makan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT