7 Makanan Ini Masih Aman Dikonsumsi Meski Lewat Tanggal Kadaluarsa

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 01 Des 2021 07:00 WIB
Wali Kota Jakarta Pusat bersama BPOM dan sejumlah lembaga gelar sidak jelang Natal dan tahun baru. Sejumlah bahan makanan busuk dan kadaluarsa pun ditemukan. Foto: Rifkianto Nugroho

6. Keripik, Kue Kering, Biskuit

Sekantong keripik kentang masih rapat dan tersimpan utuh mampu bertahan hingga satu bulan lamanya setelah tanggal kadaluarsa terlewati. Tidak akan ada efek berbahaya dari konsumsi keripik kentang yang sudah melewati tanggal kadaluarsa kecuali kerenyahan keripik yang sudah hilang.

Sedangkan untuk kue kering mampu bertahan hingga tujuh hari sampai tiga minggu jika disimpan dalam freezer dan dihangatkan ketika ingin disantap. Berbeda lagi dengan biskuit. Biskuit bahkan mampu bertahan lebih lama, yaitu hingga tiga bulan setelah melewati tanggal kadaluarsa.

7. Daging dan Ikan

Man preparing meat in kitchenFoto: Getty Images/iStockphoto/serezniy

Banyak orang yang sangat khawatir daging dan ikan yang disimpan akan membusuk jika disimpan lebih dari tanggal kadaluarsa yang tertera. Padahal, kedua bahan ini masih bisa bertahan mulai dari 5 bahkan hingga 12 bulan jika penyimpanannya tepat.

Ikan jika disimpan dalam lemari pendingin atau bahkan freezer mampu bertahan dalam penyimpanan setidaknya 5 hari setelah tanggal yang tertera dalam kemasan. Sedangkan untuk daging dipisahkan berdasarkan jenis dan bagian potongan daging itu sendiri. Daging untuk steak yang dibekukan bisa bertahan 4 hingga 12 bulan, daging utuh yang masih mentah mampu bertahan 3 hingga 4 bulan, sedangkan untuk daging olahan bisa bertahan mulai 1 hingga 2 bulan.

Baca juga: Waspada! Ini 6 Ciri Rumah Makan yang Pakai Bantuan Jin dan Pesugihan

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Resep Oseng Mercon Daging Sapi yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com