Ragam Soto Luar Jawa

Gurih Nikmat Soto Banjar Racikan Orang Banjar Asli

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 27 Nov 2021 12:00 WIB
Gurih Nikmat Soto Banjar Racikan Orang Banjar Asli
Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Kelezatan soto Banjar bisa dinikmati di kedai asli orang Banjar ini. Soto Banjarnya disajikan dengan telur bebek dan dimakan pakai ketupat.

Soto Banjar merupakan kuliner ikonik Banjar, Kalimantan Selatan. Gurih sedap soto Banjar tidak hanya disukai oleh orang Kalimantan saja, tetapi semua orang.

Mencari soto Banjar di Jakarta yang asli racikan orang Banjar terbilang jarang. Beruntung kami menemukan kedai soto Banjar di kawasan Jatiwaringin.

1. Menggunakan Resep Warisan Turun Temurun

Gurih Nikmat Soto Banjar Racikan Orang Banjar AsliGurih Nikmat Soto Banjar Racikan Orang Banjar Asli Foto: detikcom/Riska Fitria

Nama kedainya adalah Samin Banjar yang sudah beroperasi selama 6 tahun. Kedai tersebut milik Muhammad Salahuddin Ghazali yang merupakan orang asli dari Banjar, Kalimantan Selatan. Namun, ia tinggal di Samarinda, Kalimantan Timur.

Kepada detikcom (24/11/21) Ghazali mengatakan bahwa resep soto Banjar yang digunakan merupakan warisan turun temurun dari keluarganya. Jadi merupakan resep autentik keluarganya.

"Dari kakek saya, beliau orang Banjar murni, ibu saya percampuran Kutai, Dayak dan Banjar. Itu resepnya saya dapat dari turun temurun dari keluarga. Dari kakek, ibu, terus saya," ujar Ghazali.

Ghazali menceritakan bahwa awalnya ia bekerja kantoran di Kalimantan. Kemudian ia dan sang istri pindah ke Jakarta dan memutuskan untuk berjualan makanan khas Kalimantan.

Makanan yang pertama kali dijual adalah nasi samin Banjar, karena itulah kedainya dinamakan Samin Banjar. Namun, sayang dagangannya saat itu sepi.

Baca Juga: Warung Soto Betawi Autentik Ada di Jepang, Harga Semangkuk Rp 155 Ribu!

2. Bergabung dengan Komunitas Orang Kalimantan

Gurih Nikmat Soto Banjar Racikan Orang Banjar AsliGurih Nikmat Soto Banjar Racikan Orang Banjar Asli Foto: detikcom/Riska Fitria

Karena dagangannya sepi, Ghazali kemudian bergabung ke dalam komunitas orang Kalimantan di gru[ Whatsapp. Dari sana lah ia mendapat inspirasi untuk berjualan soto Banjar.

"Ada yang usulin kenapa gak bikin soto Banjar? Akhirnya saya konteklah keluarga untuk minta resepnya dan mereka ada. Dari resep itulah saya belajar secara otodidak," tutur Ghazali.

Setelah mencoba membuat soto Banjar dengan resep warisan,Ghazali meminta teman-temannya untuk mencicipi soto tersebut. Responnya pun sangat positif dan ia mulai percaya diri untuk berjualan.