Halal! Restoran Indonesia di Hotel Bintang 5 Ini Dapat Sertifikat Halal MUI

Devi Setya - detikFood Jumat, 26 Nov 2021 15:30 WIB
Halal! Restoran Indonesia di Hotel Bintang 5 Ini Dapat Sertifikat Halal MUI Foto: Fairmont Jakarta
Jakarta -

Restoran 1945 di Hotel Fairmont Jakarta menjadi resto hotel pertama yang mengantongi sertifikat halal dari MUI. Semua makanan di sini bukan hanya lezat tetapi juga terjamin halal dan berkualitas.

Banyak restoran dan bisnis kuliner yang mengurus sertifikat halal namun tidak demikian dengan restoran hotel berbintang. Tapi bukan berarti tidak ada sama sekali restoran hotel bintang lima yang memiliki sertifikasi halal.

Restoran 1945 menjadi restoran hotel bintang 5 pertama dan satu-satunya yang sudah tersertifikasi halal dari Lembaga Pemeriksa Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika, Majelis Ulama Indonesia (LPPOMMUI). Sertifikat ini sudah diperoleh sejak pertengahan tahun 2021.

Halal! Restoran Indonesia di Hotel Bintang 5 Ini Dapat Sertifikat Halal MUIHalal! Restoran Indonesia di Hotel Bintang 5 Ini Dapat Sertifikat Halal MUI Foto: Fairmont Jakarta

Carlos Monterde, General Manager Fairmont Jakarta mengatakan sertifikat halal ini bertujuan untuk menjamin kehalalan makanan yang disajikan di restoran 1945.

"Sebagai hotel bintang lima, kami berkomitmen dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua tamu kami dan kami menyadari pentingnya mengkonsumsi makanan Halal bagi warga Muslim. Selain menghadirkan menu yang lezat dan suasana nyaman, kami ingin memastikan bahwa hidangan yang disajikan telah sesuai dengan prosedur halal. Kami bangga menjadi pionir restaurant halal di hotel bintang lima di Jakarta," ujar Carlos di Fairmont Jakarta (25/11).

Ada beberapa langkah yang dilakukan dalan proses mendapatkan sertifikat halal ini. Chef Oscar Kusumawijaya selaku Chef de Cuisine di 1945 Restaurant menjelaskan setiap langkah yang dilakukan dalam memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat halal.

Proses dari pengumpulan berkas hingga audit dari LPPOM MUI berlangsung selama kurang lebih 6 bulan. Karena masa pandemi, semua proses dilakukan secara daring.

"Saat pandemi prosesnya online.Pengecekan bahan dilakukan lewat dokumen. Semua bahan yang kami gunakan di sini sudah bersertifikat halal. Saat audit ada live virtual. Demikian juga saat proses pengolahan juga diaudit," beber Chef Oscar.

Halal! Restoran Indonesia di Hotel Bintang 5 Ini Dapat Sertifikat Halal MUIHalal! Restoran Indonesia di Hotel Bintang 5 Ini Dapat Sertifikat Halal MUI Foto: Fairmont Jakarta

Lembaga sertifikasi halal memeriksa produk dan restoran secara sistematis untuk memastikan bahwa semua persyaratan halal sudah terpenuhi. Restoran 1945 telah melalui proses yang terintegrasi dan menjalankan beberapa ketentuan guna mendapatkan sertifikasi halal tersebut.

"Dunia bisnis di seluruh dunia semakin menyadari adanya peningkatan permintaan dari komunitas Muslim akan keabsahan status Halal dari sebuah bisnis, baik itu restoran, hotel dan lain sebagainya. Sebagai Lembaga Pemeriksa Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika, Majelis Ulama Indonesia (LPPOMMUI) menjalankan tugasnya untuk memeriksa produk atau restoran secara sistematis untuk memastikan bahwa semua persyaratan Halal sudah terpenuhi. Kami sungguh berbahagia sebuah hotel bintang lima seperti Fairmont Jakarta memberi perhatian kepada kebutuhan ini, dengan menyediakan fasilitas Halal di salah satu restoran yang dimilikinya, yaitu Restaurant 1945. Hal ini juga menunjukkan bentuk dukungan Fairmont Jakarta dalam menciptakan keadaan yang kondusif bagi kota Jakarta sebagai tujuan wisata Halal yang menarik kalangan Muslim dari seluruh dunia untuk datang ke Jakarta," jelas Muti Arintawati, Direktur Eksekutif, LPPOM MUI.

Dalam kesempatan ini pula, Chef Oscar Kusumawijaya menghadirkan beberapa hidangan andalan di 1945 Restaurant. DetikFood sempat mencicipi set menu untuk makan siang mulai dari Lumpia Bebek dengan saus mayonnaise Betutu, l Pecal Kembang yang hadir dengan campuran berbagai sayuran dan saus kacang mete.

Dilanjutkan dengan menu Sop Buntut khas 1945, yang disajikan tanpa tulang dengan kuah bening yang gurih. Ada juga Ikan Kakap Merah Sisik, yang digoreng krispy dan dilengkapi dengan saus gulai dan kecombrang.

Dan tak ketinggalan ada menu utama berupa Maranggi Wagyu Tomahawk yang dibuat dengan daging sapi Australia halal yang dipanggang di atas arang. Daging juicy dan lembut ini hadir dengan beberapa side dish berupa ulu ketan daun jeruk, tumis kembang pepaya dan sambal oncom.

Sebagai hidangan penutup ada Es Teler Cheesecake, yang terbuat dari cheesecake kelapa, alpukat, gel nangka dan tuile kelapa. Rasanya lembut manis membelai lidah. Sangat pas untuk membilas mulut usai menikmati ragam menu gurih.


Dalam kesempatan ini juga Fairmont Jakarta berkolaborasi dengan JENAHARA, ikon fashion muslim ternama yang menampilkan gaya busana muslim untuk mendukung halal lifestyle.

Jenahara Nasution juga menggelar mini trunk show dengan koleksi fashion muslim terbarunya bertajuk Metanoia. Di sini diperlihatkan beberapa desain baju terbaru rancangan Jenahara.



Simak Video "Family Chinese Food, Restoran Masakan Oriental Halal di Bekasi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com