Ngemil Ternyata Bikin Tak Konsentrasi Nonton Film, Ini Kata Peneliti

Devi Setya - detikFood Kamis, 25 Nov 2021 19:00 WIB
Ngemil Ternyata Bikin Tak Konsentrasi Nonton Film, Ini Kata Peneliti Foto: Getty Images/iStockphoto/Biserka Stojanovic
Jakarta -

Sebuah penelitian mengungkap bahwa ngemil makanan bikin momen nonton film jadi kacau. Camilan seperti popcorn bikin orang tak konsentasi mengikuti alur cerita film.


Sebagian besar orang akan senang nonton film sambil ngemil popcorn atau camilan lain. Bahkan di bioskop, menu popcorn jadi salah satu camilan paling populer. Tapi ternyata ngemil sambil nonton film atau konser musik tidak direkomendasikan.

Dilansir dari Daily Mail (25/11) sebuah penelitian mengungkap bahwa ngemil sambil nonton akan mengacaukan pikiran. Camilan enak yang disantap sambil nonton ini diklaim mengganggu pikiran dan mengalihkan fokus. Alhasil, seseorang yang nonton film sambil ngemil justru tidak konsentrasi mengikuti alur cerita.

Ngemil Ternyata Bikin Tak Konsentrasi Nonton Film, Ini Kata PenelitiNgemil Ternyata Bikin Tak Konsentrasi Nonton Film, Ini Kata Peneliti Foto: Getty Images/iStockphoto/Biserka Stojanovic

Bukan hanya kegiatan seperti nonton film, menghindari camilan juga sebaiknya dilakukan ketika menonton konser atau saat sedang bermain di tempat wisata.

Penelitian yang dilakukan oleh Rotterdam School of Management di Erasmus University ini menyebut camilan seperti popcorn sebaiknya tidak disantap sambil menonton film. Dr Anne-Kathrin Klesse dan Dr Emily Garbinsky, Tim dari penelitian ini mengatakan: "Perusahaan sengaja menggunakan makanan untuk menghadirkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan. Misalnya, taman hiburan, bioskop, dan tempat konser semuanya menawarkan makanan pendamping untuk meningkatkan mood pelanggan akan pengalaman ini," kata Garbinsky.

Penelitian ini dilakukan untuk berbagai pertunjukan, seperti konser musik. Ternyata banyak orang mengalihkan perhatian dari konser ketika mereka menikmati makanan.

Peserta dibagi menjadi dua kelompok, pertama orang-orang yang diberi cookies cokelat saat nonton konser musik. Dan kelompok kedua adalah orang-orang yang nonton konser musik tanpa diberi cookies cokelat.

Ngemil Ternyata Bikin Tak Konsentrasi Nonton Film, Ini Kata PenelitiNgemil Ternyata Bikin Tak Konsentrasi Nonton Film, Ini Kata Peneliti Foto: Getty Images/iStockphoto/Biserka Stojanovic

Para peneliti ternyata menemukan bukti bahwa orang-orang yang nonton konser tanpa camilan terbukti lebih fokus menikmati musik yang ditayangkan.

"Kehadiran makanan yang menggoda itu merugikan karena mengalihkan perhatian konsumen," lanjut Garbinsky.

Selain itu, makanan juga digunakan untuk menutupi pengalaman negatif dari sebuah pertunjukan. Misalnya orang-orang akan kesal saat harus antre lama, menunggu berjam-jam atau berada di lokasi pertunjukan yang tidak nyaman. Dengan adanya camilan ini, orang-orang justru cenderung memaklumi hal negatif ini.

Intinya, ketika menonton film atau pertunjukan lain sebaiknya tidak dilakukan sambil ngemil makanan karena dampaknya akan kesulitan konsentrasi. Bisa saja kamu melewatkan bagian penting dalam alur cerita ataupun pertunjukan konser.



Simak Video "Camilan Makaroni Nikmat, Dibumbui ala Mi Goreng hingga Balado"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com