Dituduh Ketok Harga Gegara Jual Cumi Rp 400 Ribu, Restoran Ini Beri Pembelaan

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 25 Nov 2021 19:30 WIB
Dituduh Ketok Harga Gegara Jual Cumi Rp 400 Ribu, Restoran Ini Beri Pembelaan Foto: MalayMail/Site News
Jakarta -

Restoran seafood terkenal di Penang, Malaysia ini tak terima setelah disebut pelanggannya sebagai restoran ketok harga.Karena harga cumi yang dijual mencapai ratusan ribu rupiah per porsi.

Fenomena restoran atau tempat makan yang ketok harga, atau mematok harga makanan di luar harga pasaran sering ditemukan di Malaysia. Setelah sebelumnya heboh, restoran jualan ikan kakap sampai berjuta-juta rupiah.

Kini muncul kasus serupa, di mana restoran ternama di Penang. Hameediyah Restaurant dituduh menjual cumi goreng dengan harga yang sangat mahal oleh salah satu pembeli di sana.

Dilansir dari MalayMail (25/11), Hameediyah Restaurant terkenal dengan menu nasi kandarnya yang enak. Beberapa waktu yang lalu viral, seorang pembeli yang komplain di media sosial. Setelah ia memesan dua cumi goreng yang harganya mencapai RM 110 (Rp 371.000).


Harga ini dinilai tak masuk akal hanya untuk dua porsi cumi. Menanggapi keluhan ini, direktur dari Hameediyah Restaurant, Mohd Riyazz Syed Ibrahim membela restorannya. Ia menjelaskan bahwa di Hameediyah Restaurant memang tersedia berbagai jenis cumi sesuai ukuran.

Baca Juga: Dituduh Ketok Harga, Pemilik Restoran Ini Jelaskan Kenapa Harga Ikannya Rp 4,1 Juta" selengkapnya

Dituduh Ketok Harga Gegara Jual Cumi Rp 400 Ribu, Restoran Ini Beri PembelaanDituduh Ketok Harga Gegara Jual Cumi Rp 400 Ribu, Restoran Ini Beri Pembelaan Foto: MalayMail/Site News


Mulai dari cumi ukuran kecil seharga RM 10 (Rp 37.000) hingga cumi ukuran ekstra besar yang harga perporsinya mencapai RM 120 (Rp 405.000).

"Kita menjual cumi ukuran besar, yang bisa mencapai 1,2 kilogram. Harganya itu bisa mencapai RM 120 (Rp 405.000). Biasanya yang membeli memang tamu VIP, dan tidak pernah sekalipun kami menerima komplain masalah harga," ungkap Ibrahim.

Hameediyah Restaurant dikenal menyajikan berbagai makanan eksotik. Mulai dari cumi ukuran raksasa, kalkun hingga bebek ukuran jumbo, sampai daging kelinci.

"Pelanggan setia kami pastinya sudah tahu bahwa restoran ini kami menyediakan banyak makanan eksotik, yang harganya tentu lebih tinggi dari makanan lainnya," sambungnya.

Ibrahim juga mengaku bahwa ia lah yang menghitung jumlah biaya makan pembeli yang komplain di media sosial tersebut. Jadi dia tahu kronologinya.

"Pembeli ini memesan dua cumi goreng untuk dibawa pulang, ketika ia melihat harga yang tertera dia tidak berkata apa-apa. Ketika dia melihat harga totalnya dia langsung membayarnya tanpa komplain atau menolaknya," jelas Ibrahim.

Menurut Ibrahim, jika pembeli ini tak puas dengan harga atau pelayanan restoran mereka. Seharusnya pembeli ini langsung komplain saja ketika diberikan bon tagihan.

Dituduh Ketok Harga Gegara Jual Cumi Rp 400 Ribu, Restoran Ini Beri PembelaanDituduh Ketok Harga Gegara Jual Cumi Rp 400 Ribu, Restoran Ini Beri Pembelaan Foto: MalayMail/Site News

"Pihak restoran tidak akan memaksa pembeli untuk membayarnya, karena mereka memesan makanan yang dibawa pulang. Jadi sebenarnya semua pembeli berhak untuk tidak jadi beli makanan di sini, jika mereka tidak suka dengan harganya," tutur Ibrahim.

Selain itu pembeli yang komplain ini memang memesan cumi ukuran besar, yang seporsinya berkisar sekitar RM 50 (Rp 170.00) per porsi.

"Foto yang dibagikan pembeli itu, cumi yang dipesannya tampak kecil padahal aslinya besar. Ditambah biaya bahan makanan memang sedang naik selama beberapa minggu terakhir," lanjutnya.

Ibrahim memaklumi pembeli yang komplain bahwa harga makanan di restorannya sangat mahal. Menurutnya, pembeli tidak ada yang tahu bahwa harga seafood dasarnya sudah mahal. Belum lagi Hameediyah Restaurant hanya menggunakan bahan makanan lokal terbaik dan masih segar.

Baca Juga: Gegara Spanduk Lucu, Restoran Seafood Ini Tak Jadi Bangkrut" selengkapnya



Simak Video "Fenomena BTS Meal di Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com