7 Makanan dan Minuman Ini Tertulis dalam Alquran dan Akan Ada di Surga

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 26 Nov 2021 06:00 WIB
Jar of liquid honey with honeycomb inside and bunch of dry lavender over old wooden table. Dark rustic style, selective focus Foto: iStock

3. Khamr

Secara arti, khamr bisa dikatkan sebagai minuman beralkohol yang memabukkan. Konsumsi khamr di dunia begitu diharamkan bagi umat Muslim dan wajib dijauhi. Tetapi berbeda dengan di dunia, konon di surga umat Muslim akan disajikan khamr. Namun khmar tersebut tidak mengandung alkohol mapun memabukkan.

"Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamr dari sungai mengalir, (warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum. Tidak ada dalam khamr itu alkohol dan mereka tiada mabuk karenanya," Alquran Surat Ash Shafaat ayat 45-47).

4. Air Kaafur

World Water Day atau Hari Air Sedunia adalah perayaan tahunan yang dilakukan untuk kembali menarik perhatian publik pada pentingnya air bersih dan penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.Foto: Getty Images

Airkaafur adalah minuman khusus bagi penghuni surga yang berasal dari mata air terbaik yang ada di surga. Air ini akan menjadi pelepas dahaga bagi para penghuni surga yang boleh diminum sebanyak-banyaknya.

"Sungguh, orang-orang yang berbuat kebaijikan akan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur, (yaitu) mata air (dalam surga) yang diminum oleh hamba-hamba Allah dan mereka dapat memancarkannya dengan sebaik-baiknya," (Alquran Surat Al-Insan ayat 5-6).

5. Air Jahe

Di Indonesia air jahe bukan lagi minuman yang asing. Air jahe bahkan dipercaya berkhasiat untuk meredakan berbagai gangguan kesehatan. Ternyata air jahe juga disajikan di surga namun tempat minumnya akan berasal dari sumber mata air salsabil.

"Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe, (yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil," (Alquran Surat Al-Insan ayat 17-18).

Baca juga: Viral Mie Instan Ini Dibilang Mie Goreng Terenak, Begini Rasanya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com