Idol Korea Ini Cicip Makanan Halal dan Ucap 'Bismillah' Sebelum Makan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 25 Nov 2021 14:30 WIB
Idol Korea Ini Cicip Makanan Halal dan Ucap Bismillah Sebelum Makan Foto: YouTube Daud Kim
Jakarta -

Seorang mualaf di Korea Selatan, Daud Kim mengajak idol Korea MGX untuk cicip makanan halal. Seperti ini reaksi mereka usai mengetahui konsep makanan halal dan mencicipinya.

Daud Kim adalah seorang YouTuber dan konten kreator asal Korea Selatan yang memutuskan memeluk agama Islam (mualaf) pada September 2019. Ia sering mengunggah konten bertema Islam yang disukai banyak penonton Indonesia.

Terbaru (15/11/21), ia mengajak boy group Megamax (MGX) untuk mencicipi makanan halal di HojiBobo Restaurant yang berlokasi di Itaewon, Seoul. Restoran ini mengklaim diri sebagai penyedia steak halal pertama di Korea Selatan.

Dalam suasana santai, Daud Kim juga berbincang-bincang dengan member MGX. Pertama, ia menjelaskan makanan yang disantap Muslim disebut makanan halal. Ternyata member MGX belum terlalu tahu arti halal, namun mereka pernah mendengarnya di media sosial.

Idol Korea Ini Cicip Makanan Halal dan Ucap 'Bismillah' Sebelum MakanIdol Korea Ini Cicip Makanan Halal dan Ucap 'Bismillah' Sebelum Makan Foto: YouTube Daud Kim

Daud Kim lantas menjelaskannya dengan memberi kuis. MGX diminta menebak jenis daging apa yang tidak boleh dikonsumsi Muslim di antara daging sapi, ayam, dan babi?

Mereka tahu kalau daging babi-lah yang tidak boleh dimakan Muslim. Daud Kim lantas menjelaskan, daging sapi dan ayampun harus disembelih sesuai syariat Islam untuk bisa dikategorikan makanan halal.

"Dan Muslim makan dengan satu tangan yaitu tangan kanan," katanya. Ia mengatakan kalau makan dengan tangan kanan adalah sunnah. "Sejenis etiket," jelas Daud Kim.

Uniknya, member MGX juga tahu kalau Muslim sebaiknya mengucap "bismillah" sebelum makan dan "alhamdulillah" setelah makan. Mereka juga mempraktikkannya. "Sekarang kalian sudah tahu etiket yang benar bagi seorang Muslim untuk makan," kata Daud Kim.

Idol Korea Ini Cicip Makanan Halal dan Ucap 'Bismillah' Sebelum MakanIdol Korea Ini Cicip Makanan Halal dan Ucap 'Bismillah' Sebelum Makan Foto: YouTube Daud Kim

Tak selesai di situ, YouTuber yang tinggal di Korea Selatan ini juga menjelaskan ibadah puasa Ramadan yang dijalani Muslim. Saat buka puasa, biasanya Muslim makan kurma. Member MGX pun diminta untuk mencicipi kurma.

"Kurma sangat kenyal. Saya suka," kata seorang member MGX. Selanjutnya mereka pesta makanan halal dengan mencicipi pizza dan steak. Mereka tak lupa baca "bismillah".

Suapan pertama, mereka langsung jatuh cinta dengan rasa steak halal di sini. "Sangat enak. Saya tak bisa berkata apa-apa," ujar mereka.

Daud Kim juga sempat bertanya soal diet ketat yang dijalani idol Korea. Member MGX juga menjalaninya. "Saya bahkan makan salad saja sehari selama 6 bulan. Itu membuat saya mual," kata seorang member. Mereka sepakat kalau diet itu sangat ketat dan sulit.

Idol Korea Ini Cicip Makanan Halal dan Ucap 'Bismillah' Sebelum MakanIdol Korea Ini Cicip Makanan Halal dan Ucap 'Bismillah' Sebelum Makan Foto: YouTube Daud Kim

Makan pizza juga jadi agenda seru antara Daud Kim dan MGX. "Pizza ini jauh lebih enak dari yang saya bayangkan," sahut seorang member. "Rasanya tidak berat dan unik. Memakannya membuat saya senang," kata member lainnya.

Usai makan, mereka kembali membicarakan soal penyembelihan daging halal. "Banyak orang berpikir kalau makan halal cuma sekadar tidak makan babi. Meski begitu, semua daging harus disembelih dengan tata cara Islam untuk dikategorikan makanan halal," kata Daud Kim.

Ia juga bilang karenanya sulit bagi Muslim untuk menemukan restoran halal di Korea Selatan. Di akhir sesi makan bareng, mereka mengucapkan "alhamdulillah" karena bisa menikmati makanan enak.



Simak Video "Menengok Restoran Halal di Angeles City, Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com