Bukan dari India, Pencarian di Google Sebut Chicken Tikka Masala dari Inggris

Sonia Basoni - detikFood Senin, 22 Nov 2021 13:30 WIB
Bukan dari India, Pencarian di Google Sebut Chicken Tikka Masala dari Inggris Foto: Ilust iStock/Site News
Jakarta -

Membicarakan makanan nasional suatu negara sering menjadi topik hangat yang berakhir mengundang perdebatan. Seperti asal usul makanan India yang diklaim dari Inggris ini.

Sebagai warisan budaya tak benda, makanan jadi kebanggaan suatu negara. Apalagi jika makanan nasional dari negara tersebut sudah mendunia dan disukai banyak orang di berbagai negara.

Tapi sering kali asal-usul tentang makanan nasional suatu negara ini berakhir menjadi perdebatan antara netizen atau banyak orang. Di mana mereka saling memperebutkan atau mengklaim bahwa makanan tersebut berasal dari negara mereka.

Mulai dari kisruh sengketa klaim tentang rendang yang diperebutkan orang Indonesia dan Malaysia. Begitu juga dengan orang China dan Korea Selatan yang mengklaim asal-usul kimchi.

Baca Juga: Orang Malaysia IniKaget Saat Pertama Kali Makan Nasi Padang di Indonesia" selengkapnya

Kini muncul lagi klaim aneh yang membuat orang India bingung. Dilansir dari Storypick (21/11), orang-orang di India terkejut ketika menemukan bahwa chicken tikka masala yang merupakan makanan nasional dari India 'diklaim' menjadi makanan nasional khas Inggris.

Semua ini berawal dari orang-orang India yang mencari 'Chicken Tikka Masala' di Google Search atau mesin pencarian Google. Di sana Google menjawab bahwa Chicken Tikka Masala merupakan makanan nasional dari Inggris.

Banyak orang India yang kecewa dan bingung, mengapa Chicken Tikka Masala, hidangan ayam berempah dari India diklaim oleh negara Inggris?

Ada beberapa penjelasan mengapa Google Search memasukkan Inggris sebagai asal dari Chicken Tikka Masala. Ini berhubungan dengan Robin Cook, salah satu politisi asal Inggris yang sempat berpidato bahwa Chicken Tikka Masala merupakan makanan nasional Inggris.

Bukan dari India, Pencarian di Google Sebut Chicken Tikka Masala dari InggrisBukan dari India, Pencarian di Google Sebut Chicken Tikka Masala dari Inggris Foto: Ilust iStock/Site News

"Chicken Tikka Massala kini merupakan bagian dari makanan nasional di Inggris. Tak hanya popularitasnya yang tinggi, tapi makanan ini merupakan ilustrasi sempurna bagaimana Inggris bisa mengadaptasi pengaruh luar, di mana Chicken Tikka merupakan hidangan khas India," klaim Robin.

Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa popularitas masakan India terutama Chicken Tikka Massala sangat digemari oleh orang Inggris. Tentunya ada sedikit perubahan antara massala versi India dan versi Inggris.

Kalau versi Inggris, orang-orang di sana lebih suka menambahkan sejenis saus atau massala untuk menyempurnakan hidangan daging ayam mereka.

Bukan dari India, Pencarian di Google Sebut Chicken Tikka Masala dari InggrisBukan dari India, Pencarian di Google Sebut Chicken Tikka Masala dari Inggris Foto: Ilust iStock/Site News

Uniknya lagi, Chicken Tikka Massala ini menempati posisi dua sebagai makanan asing yang paling banyak dimakan dan disantap di Inggris, setelah tumisan khas Chinese Food.

Sampai sekarang perdebatan antara Chicken Tikka Massala sebagai makanan nasional India dan Inggris masih menjadi topik hangat di kalangan netizen dan orang-orang India.

Baca Juga: Kimchi dan Po Chai Picu Perseteruan Antara China dan Korea Selatan" selengkapnya



Simak Video "Keripik Kaca Kini Jadi Tren, Begini Proses Pembuatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com