Sadar Kesehatan, Milenial Kini Banyak Belanja Makanan Organik

Devi Setya - detikFood Senin, 22 Nov 2021 11:00 WIB
Sadar Kesehatan, Milenial Kini Banyak Belanja Makanan Organik Foto: instagram @javaraindonesia/ @hejo.fresh
Jakarta -

Terjadi perubahan pola makan yang dijalani para milenial. Kini anak-anak muda justru tertarik membeli makanan organik. Tren ini menunjukkan bahwa semakin banyak anak muda yang sadar akan kesehatan.

Bahan makanan organik identik dengan label sehat. Jika dilihat beberapa tahun yang lalu, makanan organik biasanya dikonsumsi oleh orang-orang tua atau orang dengan kebutuhan diet tertentu. Tapi kini trennya berubah.

Dijelaskan Helianti Hilman, founder Javara, saat ini banyak anak muda yang cenderung belanja bahan makanan organik. "Dulu tahun 2008-2011 sejak kita membuka Javara, konsumen kita kebanyakan, maaf ya, orang-orang yang usianya diatas 50-60 tahun, kemudian ekspatriat. Tapi kini justru anak muda, usia 30, bahkan under 30 mulai mencari yang organik," kata Helianti saat webinar peluncuran e-store Javara Indonesia (10/11).

Sadar Kesehatan, Milenial Kini Banyak Belanja Makanan OrganikSadar Kesehatan, Milenial Kini Banyak Belanja Makanan Organik Foto: instagram @javaraindonesia

Lebih lanjut dijelaskan wanita yang akrab disapa Heli ini, pola makan sehat ini semakin meningkat semenjak adanya pandemi Covid-19. Berbagai bahan makanan organik diandalkan untuk menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan kualitas hidup.

Makanan organik sendiri merupakan bahan makanan yang diproduksi dan diproses secara konvensional atau tradisional. Sebutan organik sendiri mengacu pada proses produksi makanan tersebut.

Makanan organik biasanya ditanam dengan mengandalkan proses alami tanpa campuran kimia yang biasanya berasal dari pupuk maupun pestisida. Tanaman organik sepenuhnya ditanam dengan mengandalkan pupuk alami seperti kotoran hewan.

Tak hanya itu, makanan organik juga dikemas dan dipasarkan secara alami tanpa tambahan pengawet, pewarna maupun pemanis buatan. Hal inilah yang membuat bahan makanan organik memiliki harga lebih mahal karena rentan rusak.

Sadar Kesehatan, Milenial Kini Banyak Belanja Makanan OrganikSadar Kesehatan, Milenial Kini Banyak Belanja Makanan Organik Foto: instagram @hejo.fresh

Bukan hanya produk mentah saja yang bisa dikategorikan sebagai makanan organik, ada beberapa produk olahan yang juga dibuat menggunakan bahan organik. Salah satunya adalah mie sayuran yang menjadi produk milik Javara.

"Mie ini mengandung 20 persen sayuran. Jadi kalau mau makan mie tapi mengandung serat, vitamin, mineral bisa makan mie sayuran ini. Jadi produk organik bukan hanya sayuran mentah saja," ujar Heli sambil menunjukkan produk mie sehat.

Javara sendiri merupakan toko yang menyediakan berbagai produk organik asli Indonesia. Ada lebih dari 800 bahan makanan organik seperti beras, madu, garam, minyak kelapa, teh hingga cokelat organik bisa ditemui di sini.

Bukan hanya Javara yang menjadi satu satunya toko bahan organik. Di Jakarta juga ada Tuku-Tuku Natural yang menyediakan berbagai bahan pangan organik seperti beras, tepung, bumbu, kopi dan makanan ringan. Di sini bahkan tersedia sayuran segar yang diperoleh dari para petani dengan sistem pengairan alami.

Ada pula Hejo Fresh yang menyediakan berbagai produk organik terbaik dari berbagai negara. Ada produk madu, sereal, aneka kacang dan biji-bijian di sini. Hejo Fresh juga menawarkan camilan sehat seperti susu kentang, popcorn vegan hingga yogurt kelapa yang sehat.



Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com