Restoran ini Kenakan Biaya Sumpit Saat Makan di Tempat

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 17 Nov 2021 15:30 WIB
Makan di Restoran Diminta Bayar Tagihan Sumpit yang Dipakai Foto: iStock
Jakarta -

Seorang pelanggan di Singapura mengeluhkan adanya biaya tambahan untuk sumpit yang ia pakai di sebuah restoran. Ia harus membayar Rp 5.250 untuk setiap sumpit yang dipakai.

Selama masa pandemi Covid-19, restoran atau tempat makan menjadi salah satu sektor yang paling terkena dampaknya. Oleh karenanya, setiap pengelola tempat makan harus mencari solusi agar pelanggan bisa menikmati makanan dengan aman dan nyaman.

Ketentuan makan di tempat atau dine in juga sempat diperketat, begitu juga dengan Singapura. Bahkan, salah satu restoran sampai menyediakan alat makan yang berkualitas agar pelanggannya merasa aman makan di tempat.

Baca Juga: Akhir Pekan Enaknya Nyantai di 5 Kafe Cozy di Tangerang Ini

Makan di Restoran Diminta Bayar Tagihan Sumpit yang DipakaiMakan di Restoran Diminta Bayar Tagihan Sumpit yang Dipakai Foto: Facebook Shin Min Daily New / iStock

Dilansir dari Must Share News (15/11), restoran BBQ yang berada di Jalan Prinsep, Singapura ini mengenakan biaya untuk alat makan berkualitas yang telah mereka sediakan. Namun aturan yang mereka berlakukan ini ternyata malah mendapat protes dari salah satu pelanggannya.

Seorang pelanggan wanita berusia 26 tahun sempat terkejut ketika melihat tagihan makanan BBQ yang telah ia santap bersama sang ibu. Saat mengecek tagihan makanan tersebut, wanita itu langsung menyadari kalau ada biaya tambahan untuk penggunaan alat makan yang mereka pakai.

Dalam tagihan yang tertera, alat makan berupa sumpit 'berkualitas' itu dikenakan biaya sebesar S$ 0,5 (Rp 5.250) per satu sumpit. Karena mengenakan dua sumpit, maka biaya yang harus dikeluarkan wanita itu sebesar S$1 (Rp 10.500).

Baca Juga: 20 Bakso Malang Mantul Rp 15.000 Ada di Tempat

Makan di Restoran Diminta Bayar Tagihan Sumpit yang DipakaiMakan di Restoran Diminta Bayar Tagihan Sumpit yang Dipakai Foto: Facebook Shin Min Daily New / iStock

Saat mengetahui hal tersebut, ibu dari wanita muda itu berencana untuk melaporkannya ke Consumer Association of Singapore (CASE). Karena, ia merasa aneh dengan biaya tambahan untuk alat makan yang mereka gunakan.

"Lagi pula, saat kamu memesan untuk dibawa pulang, sumpit dan sendok biasanya gratis," ujar ibu dari wanita itu.

Setelah dikonfirmasi ke restoran tersebut, ternyata memang benar kalau restoran BBQ di Singapura itu mengenakan biaya untuk sumpit yang dikenakan para pelanggannya. Harga sumpit tersebut tak hanya untuk penggunaan satu sumpit saja. Kalau sumpit terjatuh saat sedang makan, maka pihak restoran akan menggantinya tanpa harus membayar.

Sayangnya, pihak restoran tidak terbuka dengan hal tersebut. Alih-alih memberikan fasilitas yang aman, para pelanggan itu malah merasa rugi karena adanya biaya untuk setiap sumpit yang digunakan.

Baca Juga: Spesialis Makanan Ekstrem, Pria Ini Masak Bulus dan Kepala Sapi!



Simak Video "Bakso Viral di Bogor: Bakso Kering Yamin yang Ludes Diserbu "
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com