Ridwan Kamil Cicip Kopi Luwak Ciwidey Berlapis Emas di Restoran Burj Khalifa

Riska Fitria - detikFood Selasa, 16 Nov 2021 12:30 WIB
Ridwan Kamil Cicip Kopi Luwak Ciwidey Berlapis Emas di Restoran Burj Khalifa Foto: Instagram
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencicipi kopi berlapis emas. Diseduh dari kopi luwak dari Ciwidey yang juga ditawarkan di restoran Burj Khalifa Dubai.

Belum lama ini ini Ridwan Kamil mengunjungi Dubai dalam rangka mencari investasi untuk pembangunan wilayah khusus Rebana dan Jawa Barat Selatan.

Di sela-sela kegiatannya tersebut, Ridwan Kamil menerima undangan untuk mengunjungi restoran tertinggi di dunia. Restoran tersebut adalah At.Mosphere di Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab.

Baca Juga: Kisah 'Java Coffee' yang Kini Jadi Salah Satu Kopi Populer di Dunia

Ridwan Kamil Cicip Kopi Luwak Ciwidey Berlapis Emas di Restoran Burj KhalifaRidwan Kamil Cicip Kopi Luwak Ciwidey Berlapis Emas di Restoran Burj Khalifa Foto: detikcom

Ridwan Kamil kemudian dihidangkan dengan secangkir kopi yang ternyata diracik menggunakan kopi luwak asli Ciwidey, Jawa Barat. Uniknya lagi kopi tersebut disajikan dengan lapisan emas.

Momen tersebut dibagikan oleh Ridwan Kamil lewat unggahannya di Instagram (15/11/21). Ridwan Kamil begitu bangga mengetahui kopi asli Jawa Barat bisa tembus hingga Dubai.

Ternyata kopi tersebut diracik oleh chef Eka Mochaman, yang merupakan head chef di restoran At.mosphere. Restoran tersebut berada di lantai 122 gedung Burj Khalifa.

"Kopi termahal di dunia. Salah satunya diracik Chef Eka Mochamad, yaitu kopi luwak Ciwidey berlapis emas," tulis Ridwan Kamil dalam captionnya.

Ridwan Kamil Cicip Kopi Luwak Ciwidey Berlapis Emas di Restoran Burj KhalifaRidwan Kamil Cicip Kopi Luwak Ciwidey Berlapis Emas di Restoran Burj Khalifa Foto: Instagram

Ridwan Kamil mengatakan bahwa Chef Eka tersebut memang berasal dari Jawa Barat. Karenanya Chef Eka selalu mengedepankan produk Indonesia untuk jadi sajian di restoran At.Mosphere.

Gubernur Jawa Barat tersebut juga menyampaikan rasa bangganya terhadap Chef Eka. Sebab bukan hanya kopi saja, Chef Eka juga mengkreasikan kuliner asli Indonesia di restoran At.mosphere.

Baca Juga: Hukum Konsumsi Kopi Luwak, Apakah Halal Walau Keluar dari Dubur Luwak?

Menu tersebut adalah cendol hijau yang diracik sebagai dessert dengan tampilan yang tak biasa. Cendol tersebut diolah sedemikian rupa sehingga terlihat fantastik dan romantik.

Di atas cendolnya diberi topping berupa es krim. Selain Chef Eka, Ridwan Kamil mengatakan ada tiga rekan lainnya di restoran At.Mosphere yang berasal dari Jawa Barat.

Ridwan Kamil Cicip Kopi Luwak Ciwidey Berlapis Emas di Restoran Burj KhalifaRidwan Kamil Cicip Kopi Luwak Ciwidey Berlapis Emas di Restoran Burj Khalifa Foto: Instagram

"Terima kasih Kang Eka, tetap mencintai Indonesia dan Jawa Barat dengan bela negara berinovasi dengan produk kuliner Jawa Barat ke dunia," ujar Ridwan Kamil.

Unggahan Ridwan Kamil pun ramai ditanggapi oleh netizen. Ramai netizen yang ikut bangga bahwa kuliner Indonesia bisa sampai ke dunia.

"Wah keren euy kopi Jabar masuk ke Dubai di restoran tertinggi lagi. Bangga saya pak," tulis netizen.

"Keren banget. Bismillah ada rezeki biar bisa ngopi di Burj Khalifa," tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Rahasia di Balik Kualitas Rasa Pawon Luwak Coffee Asal Magelang



Simak Video "Reaksi Ade Londok Dapat Gelar Duta Kuliner Jawa Barat dari Ridwan Kamil "
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com