Rekomendasi Tempat Makan

5 Tempat Makan Enak di Kawasan Jalan Sabang yang Murah Meriah

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 15 Nov 2021 18:00 WIB
Sate Pak Heri Asli, sate legendaris di Sabang, Jakarta Pusat Sejak 1974
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Kawasan wisata kuliner kaki lima di jalan Sabang Jakarta banyak orang dilirik orang. Selain harganya terjangkau, pilihan makanannya juga lebih banyak.

Kawasan kuliner atau wisata kuliner kaki lima masih menempati posisi utama sebagai destinasi makan-makan favorit warga Jakarta. Meski berjamurnya restoran, kafe sampai tempat ngopi kekinian, tapi peminat wisata kuliner kaki lima masih tinggi.

Hal ini terbukti dari ramainya kawasan Jalan Sabang di Jakarta Pusat dari sore sampai malam hari. Di Jalan Sabang, tidak hanya sekedar warung tenda saja, tapi ada juga kafe kekinian sampai bakmi legendaris yang enak. Tak heran jika kawasan ini dijadikan sebagai pusat wisata kuliner oleh Pemda DKI.

Baca Juga:5 Jajanan Malam Ini Wajib Dicicipi di Kawasan Jalan Sabang


1. Bakmi Roxy

Kisah 5 Mantan Chef yang Sukses jadi Juragan Mie AyamMie Ayam Foto: YouTube

Jadi ikon wisata kuliner di kawasan Jalan Sabang, Bakmi Roxy tempatnya penggemar mie ayam enak dan murah untuk melepas rindu. Meski sederhana mie ayam langganan seleb seperti Nikita Mirzani ini selalu dipenuhi pengunjung.

Menu andalannya ada Mie Ayam kuah bening dengan kaldu yang terasa kuat dan irisan daun bawang yang tak pelit. Tekstur mie yang kenyal dan tak terlalu tipis, cocok disantap ketika lapar.

Harganya hanya Rp 17.000 saja. Kemudian ada Mie Ayam Bakso Pangsit Ceker harganya Rp 28.000, lalu ada Mie ayam Ceker sekitar Rp 28.000.

2. Sate Pak Heri Asli

rahasia bumbu sate pak heri asli yang rasanya selalu bikin nagihrahasia bumbu sate pak heri asli yang rasanya selalu bikin nagih Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Kawasan Sabang terkenal sebagai surga sate. Salah satu penjual legendaris adalah Sate Pak Heri Asli yang berdiri sejak 1974. Tempat inipun bertahan hingga 3 generasi.

Di sini tak hanya menyediakan sate ayam, ada juga sate kambing yang rasanya juga nikmat. Kalau sate kambing umumnya disajikan dengan sambal kecap yang diberi tambahan potongan bawang merah, tomat, cabai rawit, hingga acar.

Selain menu satenya, Sate Pak Heri Asli juga menjelaskan kalau ada menu sop iga kambing dan soto ayam. Kedua menu ini juga banyak dipesan oleh para pelangganya.

Kisaran harganya juga cukup beragam dan masih terjangkau, dari harga Rp 30 ribu sudah dapat sate ayam atau sate kambing sesuai selera. Dalam sehari warung Sate Pak Heri Asli ini bisa menghabiskan 50 kilogram ayam dan 1 ekor kambing. Paling ramai di jam makan malam tentunya.

Baca artikel detikfood, "Sejak 1974, Sate Pak Heri Asli Tawarkan Sate Nikmat di Sabang

3. Claypot Popo

Claypot PopoClaypot Popo Foto: dok. Instagram/@claypotpopo

Siapa bilang di Jalan Sabang hanya ada kuliner kaki lima saja? Di sini ada tempat makan kekinian yang jadi pilihan favorit millennial untuk makan di akhir pekan, bersama pasangan hingga teman-teman.

Namanya Claypot Popo, menyajikan makanan rumahan khas China yang halal dan enak. Semua menu disajikan dalam pot tanah liat atau claypot, yang dimasak langsung dengan api panas.

Menu andalannya ada claypot siram telur matang dengan pilihan daging ayam atau sapi. Kemudian ada claypot loupan ayam asam manis, claypot misua goreng, hingga claypot dadar caipoh. Harganya masih terjangkau dari Rp 22.000 saja sudah bisa makan kenyang di sini.

4. Kawisari Coffee and Eatery

Pribadi Coffee, Kafe Outdoor Nuansa 'Bali' di Menteng Dalam, Jakarta Selatan.Kafe. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Berdiri di bangunan tua yang vintage dan kekinian, Kawisari Coffee and Eatery cocok jadi pilihan tempat ngopi hingga makan siang di area Jalanan Sabang. Di sini tak hanya menyediakan menu kopi saja, tapi tersedia juga aneka masakan khas Jawa.

Salah satu menu makanan yang paling banyak dipesan ada serabi, nasi besek dan masih banyak lagi. Nuansa Jawa yang kental juga terasa di setiap sudut interiornya.

Untuk kisaran harganya beragam mulai dari Rp 25.000 untuk camilannya. Kalau punya budget lebih, kisaran harga menu makan utama seperti nasi pecel pincuk Mbok Musinem atau Nasi Besek Ayam Goreng Kremes hanya Rp 55.000 saja.

5. Nasi Goreng Bang Roby

Kawasan Sabang juga jadi tempat berburu kuliner murah meriah. Kalau budget terbatas, bisa mampir ke kedai nasi goreng Bang Roby. Meski warung tenda sederhana, tapi orang-orang yang mau cari nasi goreng enak dan murah meriah pasti langsung memilih Bang Roby.

Menu yang ditawarkan juga beragam nih. Ada nasi goreng ayam, sosis atau bakso. Nasi goreng ayam cakwe, nasi goreng ayam kornet, omelette sosis dan masih banyak lagi. Kisaran harganya juga murah, di angka Rp 20.000 saja sudah bisa makan kenyang dan puas.

Kalau makan di sini jangan lupa pesan menunya yang paling laris manis yakni nasi goreng gila. Selain rasanya enak, porsi makanan di sini juga banyak. Harganya tetap terjangkau yaitu sekitar Rp 25.000 saja.



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)