7 Cara Mudah Kenali Bahan Makanan Segar, Penting Buat di Dapur!

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 13 Nov 2021 06:00 WIB
7 Cara Mudah Kenali Bahan Makanan Segar, Penting Buat di Dapur!
Foto: Brightside
Jakarta -

Bukan hanya rasa, memilih bahan yang segar saat memasak juga perlu dilakukan. Agar tak salah, tujuh tips mengenali kualitas makanan segar ini bisa ditiru.

Bukan hanya soal rasa, kualitas makanan juga ditentukan dari pemilihan kualitas bahan yang bagus. Memastikan semua bahan makanan yang digunakan cukup segar penting dilakukan sebelum memulai proses memasak.

Kualitas bahan makanan yang segar sangat menentukan cita rasa hasil akhir makanan yang disajikan. Selain itu mengkonsumsi makanan yang sudah tak segar juga cukup berbahaya karena membantu bakteri dan kuman masuk ke dalam tubuh dengan sangat mudah.

Ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memastikan kualitas kesegaran suatu makanan hanya melalui ciri-ciri fisiknya saja. Tanda-tanda ini perlu dipahami agar tak salah dan makanan yang disajikan aman untuk dikonsumsi.

Berikut ini 7 cara mengenali makanan segar dan tak segar menurut Brightside:

7 Cara Mudah Kenali Bahan Makanan Segar, Penting Buat di Dapur!7 Cara Mudah Kenali Bahan Makanan Segar, Penting Buat di Dapur! Foto: Brightside

1. Telur

Sensitif terhadap suhu membuat penyimpanan telur perlu diperhatikan agar menjaga kualitasnya. Telur ayam sangat mudah rusak akibat suhu penyimpanan dan letak penyimpanan yang kurang tepat.

Sebelum memasukkan telur ke dalam campuran bahan makanan atau akan dimasak sebaiknya pecahkan telur pada wadah terlebih dahulu. Perhatikan baik-baik bagian kuning telur. Telur ayam yang segar akan menampilkan ciri fisik seperti warna kuning telur yang segar, bulat bentuknya, berada tepat di tengah.

2. Alpukat

Sebagai buah yang sangat riskan dan mudah rusak penyimpanan alpukat dan pemilihannya perlu diperhatikan. Alpukat yang sudah matang tak hanya bisa dibedakan melalui warna kulitnya saja.

Untuk mengetahui apakah alpukat sudah benar-benar matang bisa dilakukan dengan memperhatikan bagian tangkai kecil di ujung alpukat. Pada buah alpukat yang sudah matang tangkai kecilnya akan menghilang sedangkan jika masih ada sisa tangkai kecil pada ujung alpukat hal tersebut menandakan bahwa buah alpukat belum benar-benar matang.

Baca juga: 8 Tips Memilih dan Membersihkan Bahan Makanan untuk Cegah Covid-19