Formula Rahasia Coca-Cola Disimpan Dalam Brankas dengan Penjagaan Super Ketat

Devi Setya - detikFood Jumat, 12 Nov 2021 11:30 WIB
Formula Rahasia Coca-Cola Disimpan Dalam Brankas dengan Penjagaan Super Ketat Foto: World of Coca Cola
Jakarta -

Untuk menjaga kualitas rasa, produsen Coca-Cola menjaga formula rahasianya dengan sangat ketat. Formula asli Coca-Cola bahkan disimpan dalam brankas dengan penjagaan super ketat.

Ada beberapa tempat terlarang di dunia yang tak bisa dikunjungi oleh sembarang orang, salah satunya adalah brankas penyimpanan formula Coca-Cola. Resep berusia ratusan tahun ini disimpan dalam kotak besi yang berada di dalam ruangan tertutup.

Dilansir dari situs resmi World of Coca-Cola (11/11) formula Coca-Cola dianggap sebagai salah satu rahasia yang paling dijaga. Setelah lebih dari 125 tahun, formula ini masih disimpan dengan apik dalam ruangan yang kuat.

Formula Rahasia Coca-Cola Disimpan Dalam Brankas dengan Penjagaan Super KetatFormula Rahasia Coca-Cola Disimpan Dalam Brankas dengan Penjagaan Super Ketat Foto: World of Coca Cola

Sebelumnya, formula Coca-Cola ini disimpan di tempat yang hanya diketahui oleh beberapa orang. Namun pihak perusahaan mengubah konsep tempat penyimpanan ini sebagai area yang bisa dikunjungi siapapun. Sekilas mirip museum yang menampilkan sejarah perjalanan brand minuman soda skala internasional ini.

Formula rahasia Coca-Cola ini awalnya disimpan di Suntrush, Amerika Serikat. Namun pada 2011 lalu lemari besi berisi formula rahasia ini dipindahkan ke pusat kota Atlanta. Awalnya tidak ada yang mengetahui dimana tepatnya formula rahasia Coca-Cola ini disimpan.

Namun sekarang semua orang justru bisa mengunjungi tempat ini. Berbagai pengalaman seru ditawarkan di tempat yang kini populer disebut The Vault of the Secret Formula. Sejarah perjalanan dan perkembangan Coca-Cola akan dijelaskan secara gamblang.

Formula rahasia Coca-Cola telah mengalami perjalanan yang menarik selama bertahun-tahun. Dimulai sejak tahun 1886 dimana Dr. John S. Pemberton menemukan Coca-Cola di Atlanta untuk pertama kalinya. Kemudian di tahun 1892, Asa Candler membeli hak bisnis Coca-Cola dan formula rahasianya.

Selanjutnya di tahun 1919, Ernest Woodruff dan sekelompok investor membeli perusahaan tersebut dari Candler dan menjadikan formula rahasia sebagai jaminan pinjaman. Woodruff meminta putra Candler menuliskan rumus formula tersebut dan meletakkan kertasnya di lemari besi di Guaranty Bank, New York.

Formula rahasia ini kemudian ditebus pada 1925. Woodruff membayar kembali pinjamannya dan menyimpan resep ini di Atlanta tepatnya di Trust Company Bank.

Setelah 86 tahun, yakni di tahun 2011 formula ini disimpan di World of Coca-Cola di Atlanta. Kini setiap tahun ada ribuan orang yang mengunjungi Vault of the Secret Formula.

Hanya ada sedikit orang di dunia yang tahu isi dari formula rahasia Coca-Cola. Hal ini dijaga sangat ketat agar formula rahasia Coca-Cola tidak bocor dan diketahui para pesaing.

Pengunjung yang datang ke sini bisa merasakan berbagai pengalaman seru, termasuk salah satunya meracik Coca-Cola yang sesuai dengan selera. Di wahana Virtual Taste Maker, pengunjung bisa membuat kombinasi rasa seperti yang dilakukan penemu awal Coca-Cola.

Pengunjung memang tidak bisa melihat formula rahasia Coca-Cola tetapi semua berkesempatan untuk berkunjung sampai ke pintu depan ruangan besi yang menyimpan formula rahasia ini. Ruangan super kokoh ini dikunci dengan sistem yang sangat canggih. Kotak besi tempat penyimpanan formula rahasia ini juga dijamin aman dari api dan kuat benturan.

Di akhir kunjungan, semua orang bisa menikmati Coca-Cola sepuasnya. Pengunjung juga bisa membeli berbagai souvernir bertema Coca-Cola sebagai oleh-oleh.



Simak Video "Pepsi Bakal Hengkang dari Indonesia, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com