ADVERTISEMENT

4 Sosis dan Daging Babi Ini Berlogo Halal, Ini Fakta Sesungguhnya

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 11 Nov 2021 08:00 WIB
4 Sosis dan Daging Babi Ini Berlogo Halal, Ini Fakta Sesungguhnya
Foto: Instagram/iStock
Jakarta -

Bikin netizen heboh, beberapa produk makanan ini terbuat dari daging babi tapi berlogo halal. Mulai dari sosis hingga kerupuk. Ini faktanya!

Umat muslim dilarang untuk mengonsumsi makanan yang mengandung babi. Oleh karenanya penting untuk memilih makanan yang terdapat logo halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Namun, ada hal-hal yang membuat masyarakat menjadi bingung. Sebab beredar luas di media sosial produk-produk makanan yang terbuat dari daging babi tapi berlogo halal.

Seperti sosis babi, kerupuk babi hingga daging babi segar. Selain itu ada juga yang tak kalah membingungkan, yakni produk sosis ayam tapi berlogo kepala babi.

Berikut 4 produk babi berlogo halal yang viral:

1. Sosis Ayam Logo Babi

4 Sosis dan Daging Babi Ini Berlogo Halal, Ini Fakta Sesungguhnya4 Sosis dan Daging Babi Ini Berlogo Halal, Ini Fakta Sesungguhnya Foto: TikTok/iStock

Beberapa waktu lalu netizen dihebohkan dengan produk sosis ayam tetapi di kemasannya ada logo kepala babi. Produk sosis itu ditawarkan oleh Hoki Shop Taiwan.

Toko online tersebut dijalankan oleh orang Indonesia yang tinggal di Taiwan. Mereka mempromosikan sosis tersebut melalui video TikTok dan membuat netizen salah fokus.

Sebab di kemasan sosis ayam itu terdapat logo kepala babi. Tak sedikit netizen yang curiga tentang kebenarannya. Saat dihubungi detikcom (14/08) pihak toko online memberikan klarifikasinya.

Mereka menyebut bahwa produk sosis itu 100% terbuat dari daging ayam. Gambar kepala babi disebutkan sebagai logo perusahaan yang memproduksi sosis.

Baca Juga: Heboh! Produk Sosis Ayam tapi Kemasannya Ada Logo Kepala Babi

2. Kerupuk Kulit Babi Logo Halal

4 Sosis dan Daging Babi Ini Berlogo Halal, Ini Fakta Sesungguhnya4 Sosis dan Daging Babi Ini Berlogo Halal, Ini Fakta Sesungguhnya Foto: Instagram/iStock

Pada 2019 lalu netizen juga dihebohkan dengan produk kerupuk kulit babi. Yang membuat bingung adalah adanya logo halal pada kemasan kerupuk cap babi tersebut.

Foto produk kerupuk kulit babi itu beredar di media sosial dan dijual dengan harga Rp 40.000 hingga Rp 95.000. Bahkan ada yang mengunggah dengan narasi menyalahkan wapres.

"Tugas wapres apasih, katanya ketua MUI. Kok kayak beginian bisa lolos? Walaupun label halalnya bukan dari MUI tapi udah merendahkan Al-Qur'an dan Islam nih," bunyi narasi tersebut.

Namun, dikutip dariKominfo.go.id, hal tersebut merupakan hoax. Foto kerupuk itu telah melalui proses editing karena foto produk yang asli tidak ada logohalalnya.



Simak Video "Segarnya Aneka Dessert Kelapa Muda di Food Street PIK"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT