Disebut Mahal! Belanja Bahan Masakan Rp 100.000 Cuma Dapat Segini

Riska Fitria - detikFood Minggu, 07 Nov 2021 16:30 WIB
Disebut Mahal! Belanja Bahan Masakan Rp 100.000 Cuma Dapat Segini Foto: TikTok @nordiana900
Jakarta -

Seorang wanita membagikan pengalaman berbelanja bahan masakan di Kalimantan. Dengan uang Rp 100.000 cuma dapat beberapa jenis bahan masakan.

Biasanya berbelanja dengan uang Rp 20.000 sudah bisa mendapatkan banyak bahan masakan. Mulai dari sayur, lauk, bumbu dan bahan masak pendamping lainnya.

Bahkan jumlah per bahan masakannya pun terbilang banyak sehingga bisa menjadi bahan stok untuk beberapa hari kemudian. Namun, berbeda ketika berbelanja bahan masakan di Kalimantan.

Baca Juga: 5 Curhatan Viral soal Uang Belanja Istri, Ada yang Bikin Geram!

Disebut Mahal! Belanja Bahan Masakan Rp 100.000 Cuma Dapat SeginiDisebut Mahal! Belanja Bahan Masakan Rp 100.000 Cuma Dapat Segini Foto: TikTok @nordiana900

Melalui video TikToknya, seorang wanita bernama Nordiana yang berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Namun, kini ia menetap di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

"Mana nih orang Kalimantan? Iri banget sama orang yang belanja 100 ribu dapetnya segunung," tulisnya dalam caption (01/11/21)

Dalam video TikToknya ia memperlihatkan bahan masakan yang didapat dengan uang Rp 100.000. Dengan uang tersebut ia hanya mendapat 7 bahan masakan saja.

Disebut Mahal! Belanja Bahan Masakan Rp 100.000 Cuma Dapat SeginiDisebut Mahal! Belanja Bahan Masakan Rp 100.000 Cuma Dapat Segini Foto: TikTok @nordiana900

Ia mendapat tiga tahu putih seharga Rp 5.000, 1 papan tempe Rp 5.000, 1/4 kol Rp 3.000, 1 wortel Rp 3.000, 1 jagung Rp 6.000, 1 ikan sawi Rp 5.000, ayam kurang dari 1 kg Rp 32.000.

Selain itu ada 1 ekor ikan patin kecil Rp 19.000, 3 ons ikan pindang Rp 10.000 dan 1 kg bawang Rp 24.000, dan beberapa bumbu kecil lainnya.

Kepada detikcom (07/11/21) Nordiana menceritakan bahwa biasanya dalam sekali berbelanja bahan masakan yang dibeli bisa dipakai hingga 5-4 hari kemudian.

Disebut Mahal! Belanja Bahan Masakan Rp 100.000 Cuma Dapat SeginiDisebut Mahal! Belanja Bahan Masakan Rp 100.000 Cuma Dapat Segini Foto: TikTok @nordiana900

Nordiana mengatakan bahwa biasanya ia berbelanja bahan masakan di pasar. Namun, jika ada beberapa bahan masakan yang habis, ia biasa membeli di tukang sayur keliling.

"Tadi baru aja belanja sama tukang sayur keliling cuma beli sayuran aja habis Rp 30.000. Dulu waktu saya di Kalsel bawa duit Rp 50.000 itu udah dapat banyak banget," ujar Nordiana.

Lebih lanjut, Nordiana juga menceritakan bahwa berbelanja Rp 100.000 bisa untuk 4 hingga 5 hari ke depan. Sebab ia hanya tinggal bersama sang suami saja.

"Dan makan cuma pagi sama siang, kalau malam biasanya kita makan di luar," ujarnya.

Dalam video ia membeli ayam dengan ukuran tidak sampai 1 kg seharga Rp 32.000. Jika membeli 1 kg ayam harganya dibanderol Rp 41.000. Sementara untuk bumbu-bumbu seperti segenggam cabe dibanderol Rp 3.000.

Disebut Mahal! Belanja Bahan Masakan Rp 100.000 Cuma Dapat SeginiDisebut Mahal! Belanja Bahan Masakan Rp 100.000 Cuma Dapat Segini Foto: TikTok @nordiana900

Video belanjaannya itu pun menjadi viral. Banyak netizen yang terkejut dengan harga-harga bahan masakan di Kalimantan bahkan ada yang membedakan dengan harga di kota masing-masing.

"Akhirnya keluar juga yang versi Kalimantan. Makanya aku malas banget beli sayuran, udah mahal dapat sedikit. Belum waktu untuk masaknya. Lebih baik beli yang jadi," tulis netizen.

"Iya Kalimantan emang mahal-mahal itu masih mending ayam 32 ribu, Kalau di kota ku RP 50 ribu buat 1 ekor kadang lebih mahal lagi," tulis netizen.

Baca Juga: Viral! Netizen Curhat Uang Belanja Rp 20 Ribu Per Hari Tidak Cukup



Simak Video "Kreasi Liwetan Ala Chef Steby bersama ABC Sambal Nusantara"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com