Ikut Tren Bikin Permen Dalgona Squid Game, 3 Bocah Terkena Luka Bakar

Devi Setya - detikFood Sabtu, 06 Nov 2021 18:00 WIB
Ikut Tren Bikin Permen Dalgona Squid Game, 3 Bocah Terkena Luka Bakar Foto: Metro
Jakarta -

Permen dalgona ala Korea mendadak ikut hits seiring ramainya tren Squid Game. Anak-anak pun ikut mencoba membuat permen ini yang akhirnya berujung pada kecelakaan yang menyebabkan luka bakar.

Tiga orang bocah terluka parah ketika sedang membuat permen dalgona. Ssbuah rumah sakit memperingatkan para orang tua agar lebih memantau kegiatan yang dilakukan anak-anak.

Dilansir dari Fox News (5/11) terjadi peningkatan kasus cedera akibat permen dalgona di Australia. Rumah Sakit Anak di Westmead melaporkan sudah ada tiga anak yang terluka saat sedang membuat permen dalgona.

Ikut Tren Bikin Permen Dalgona Squid Game, 3 Bocah Terkena Luka BakarIkut Tren Bikin Permen Dalgona Squid Game, 3 Bocah Terkena Luka Bakar Foto: Metro

Permen Dalgona atau dikenal juga dengan sebutan honeycomb toffee atau ppopgi adalah makanan Korea Selatan yang terbuat dari gula cair. Permen ini merupakan makanan legendaris karena sudah dikonsumsi sejak tahun 70-an.

Tapi seiring hebohnya Squid Game, popularitas permen dalgona pun ikut meroket. Terlebih lagi banyak penonton Squid Game yang ikut mencoba membuat permen dalgona sendiri di rumahnya. Video netizen membuat permen ini banyak dibagikan lewat Instagram, TikTok maupun YouTube.

Untuk membuat permen dalgona sebenarnya tidak sulit karena hanya memerlukan gula yang dipanaskan hingga menjadi karamel cair, kemudian dituang di atas kertas roti dan dicetak berbagai bentuk. Dalam Squid Game, permen ini harus dipotong mengikuti pola cetakan.

Rasa penasaran dengan permen dalgona ini membuat tiga bocah harus dilarikan ke rumah sakit di Australia karena mengalami luka bakar pada kaki dan tangan. Salah satu korbannya adalah Aiden, bocah berusia 14 tahun yang mengalami luka bakar saat memegang karamel cair yang masih sangat panas.

"Gula meleleh pada suhu yang lebih tinggi dari yang dibutuhkan untuk merebus air, sehingga campuran honeycomb ini lebih panas dan lengket," kata Erik La Hei, kepala rumah sakit di The Children's Hospital di Westmead.

"Jika campuran gula ini tumpah atau dipegang saat masih panas, maka akan menyebabkan luka bakar yang cukup serius," lanjut La Hei.

Aiden terpaksa harus menjalani pengobatan intensif. Dokter yang menanganinya membalut luka dengan perban, dan pengobatan ini terus dilakukan sampai luka bakar sembuh total.

"Mengejutkan bahwa tindakan sederhana seperti membuat permen, dapat memiliki konsekuensi serius seperti itu," kata ibu Aiden, Helena.

Untuk mencegah terjadinya hal serupa, pihak rumah sakit meminta para orang tua untuk lebih memperhatikan kegiatan yang dilakukan anaknya. Apalagi jika melibatkan kompor atau api.

Menanggapi kasus ini, pihak Netflix juga ikut angkat bicara. Netflix sendiri sebenarnya merekomendasikan pemirsa Squid Game sudah berusia 18 tahun ke atas. "Squid Game ditujukan untuk pemirsa dewasa," kata juru bicara Netflix kepada Fox News.



Simak Video "Demam Permen Dalgona Gara-gara Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com