Pemuda 20 Tahun Ini Buktikan Bisa Sukses Beternak Sapi

Devi Setya - detikFood Sabtu, 06 Nov 2021 13:00 WIB
Pemuda 20 Tahun Ini Buktikan Bisa Sukses Beternak Sapi Foto: YouTube Arie K Channel
Jakarta -

Usia bukanlah patokan untuk memulai usaha. Seorang pria asal Lampung membuktikan dirinya bisa sukses beternak sapi padahal usianya baru 20 tahun. Keren!

Adalah Galuh Santoso atau akrab disapa Galuh, pemuda yang memilih menjadi peternak sapi sejak usianya 20 tahun. 2 tahun menjadi peternak sapi, Galuh membeberkan hasilnya. Uang keuntungan dari ternak sapi ini bahkan sudah bisa untuk membeli kendaraan seperti mobil dan motor.

Kisah Galuh yang sukses beternak sapi di usia muda ini dibagikan lewat channel YouTube Arie K. Channel (2/11). Saat ini Galuh sudah 2 tahun memilih menjadi peternak sapi. Semenjak lulus SMA, ia langsung melirik bisnis ini.

Pemuda 20 Tahun Ini Buktikan Bisa Sukses Beternak SapiPemuda 20 Tahun Ini Buktikan Bisa Sukses Beternak Sapi Foto: YouTube Arie K Channel

Sebelum memutuskan beternak sapi, Galuh lebih dulu memiliki ternak kambing namun tak bertahan lama karena menurutnya ternak kambing kurang potensial dari segi keuntungan. Mengawali ternak sapi dengan dua ekor sapi betina, kini Galuh sudah memiliki lebih dari 8 ekor sapi.

Sapi di kandangnya tidak pernah penuh karena ia sengaja menjualnya saat usia dan bobot sapi sudah ideal untuk dijual.

"Awalnya kambing tapi gagal. Punya 24 ekor kambing tapi hasilnya nggak kelihatan. Jadi pindah ke sapi, kalau ini langsung kelihatan (untungnya)," kata Galuh.

Diakui Galuh, awalnya beternak sapi hanya sebagai pekerjaan sampingan dan hiburan karena ia senang memelihara hewan. Tapi ternyata hasilnya justru menjanjikan. Galuh bahkan bisa memiliki tabungan serta membeli kendaraan seperti mobil dan motor.

"Rencana kedepannya mau perluas kandang. Mau punya sapi sebanyak-banyaknya. Ini bisa jadi hiburan juga," kata Galuh.

Di sini juga Galuh membeberkan pakan untuk sapi ternaknya yakni terdiri dari kulit singkong, rumput dan daun singkong. Dalam sehari, sapi-sapi ini makan tiga kali yakni pagi, siang dan sore. Galuh sendiri yang mengurus seluruh sapi mulai dari mencari pakan hingga membersihkan kandangnya.

Dalam video ini juga Galuh mengatakan ia tidak malu atau gengsi menjadi peternak. Baginya, beternak adalah usaha yang menjanjikan. "Ngapain malu kerja begini. Sekolah juga sudah lulus," pungkas Galuh.

Ketika dihubungi detikcom (5/11), Galuh menjelaskan ia memang sudah tertarik dengan dunia peternakan sejak masih duduk di bangku sekolah. Jadi ketika lulus, ia langsung memulai bisnis ternaknya.

"Kalau awalnya dibantu orangtua, modal dan lainnya. Jadi ya bareng orangtua. Tapi semua yang urus saya, bapak paling cuma lihat-lihat kandang," ujar Galuh.

Selain beternak sapi, ternyata Galuh juga punya ternak ikan namun belum besar karena ia masih mempelajari cara budidaya ikan.

Sebagai anak muda, usaha yang digeluti Galuh ini perlu diapresiasi. Sosok pekerja keras ini juga bekerja sebagai petani getah karet. Ketika ditanya soal harapan kedepannya, Galuh mengatakan ingin terus berfokus pada ternak sapinya.

Ia ingin memperluas kandang sapinya agar bisa menampung lebih banyak sapi ternak.



Simak Video "Kafe Gelato Pet Friendly yang Estetik di Kemang Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com