Tangkap Ikan Mas Raksasa di Danau Toba, Netizen Kaitkan dengan Mamak Samosir

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 02 Nov 2021 19:30 WIB
Ikan mas besar yang ditangkap di Danau Toba
Foto: FB/Rismon Sirait
Jakarta -

Tangkap ikan mas ukuran raksasa dari Danau Toba. Netizen langsung kaitkan ikan mas ini dengan mitos penunggu Danau Toba, Mamak Samosir di Sumatra Utara.

Banyak mitos hingga kepercayaan masyarakat yang masih diterapkan oleh banyak orang. Salah satunya mitos penunggu atau penghuni di beberapa daerah atau wilayah, yang dianggap keramat oleh sebagian orang.

Baru-baru ini netizen di Twitter dihebohkan dengan penemukan ikan mas raksasa, yang ukurannya berkali-kali lipat lebih besar dari ukuran ikan mas pada umumnya. Ikan mas raksasa ini pertama kali diunggah oleh akun Twitter @ZOO_FESS (02/11), ikan tersebut diambil dari Danau Toba.

Netizen justru menyarankan agar ikan mas itu dikembalikan ke Danau Toba, dan jangan dimasak apalagi dimakan. Karena mereka percaya bahwa ikan mas itu merupakan penunggu Danau Toba, yang sering disebut juga sebagai 'Mamak Samosir'.

Berikut beberapa kisah dan fakta seputar legenda Danau Toba dan kaitannya dengan mitos ikan mas.

Baca Juga: Arsik Ikan Mas, Hidangan Natal Khas Sumatera Utara yang Sarat Makna

1. Penemuan Ikan Mas di Danau Toba

Tangkap Ikan Mas Raksasa di Danau Toba, Netizen Kaitkan dengan Mamak SamosirTangkap Ikan Mas Raksasa di Danau Toba, Netizen Kaitkan dengan Mamak Samosir Foto: Twitter @ZOO_FESS/Shutter

"Ikan mas Danau Toba," tulis isi cuitan @ZOO_FESS, akun sharing yang membahas tentang seputar dunia hewan di Twitter. Tidak diketahui siapa pengirim foto ikan mas ini, namun cuitan ini berhasil menarik perhatian pengguna Twitter lainnya.

Dari foto yang diunggah, tampak seekor ikan mas berukuran jumbo atau raksasa tengah digendong oleh seorang pria. Ikan mas itu tampak segar dan masih hidup, dengan warna kemerahan sedikit oranye.

Anehnya banyak netizen yang ngeri atau seram sendiri ketika melihat ikan mas dari Danau Toba tersebut. Mereka percaya bahwa ikan mas itu bukan ikan biasa. Melainkan salah satu penunggu Danau Toba, yang sudah menjadi mitos turun temurun di daerah Samosir dan daerah sekitarnya di Sumatera Utara.

2. Ikan Mas dan Mitos Mamak Samosir

Tangkap Ikan Mas Raksasa di Danau Toba, Netizen Kaitkan dengan Mamak SamosirTangkap Ikan Mas Raksasa di Danau Toba, Netizen Kaitkan dengan Mamak Samosir Foto: Twitter @ZOO_FESS/Shutter

"Eh mending kau balikan aja (ikan mas) daripada kita ke bencana. Kalau kata mamak ku, ini (ikan mas) adalah mamaknya Samosir," saran @rose**.

"Mending dibalikin gak sih? Kata adat istiadat, di sana kalau nemu ikan besar gini harus dibalikin. Karena dipercaya sebagai penjagau danau. Soalnya ada kejadian kapal tenggelam ya gara-gara ikannya diambil," tulis @yok***.

"Wah harus dibaliki lagi sih ini kalau nemu ikan yang sebesar ini. Menurut kepercayaan orang Toba, ikan ini bisa mendatangkan bencana kalau gak dibalikin lagi. Mungkin mitos, tapi sebaiknya dihargai adat di sana dan jangan dibawa pulang. Bisa dibilang ikan-ikan besar di sana sebagai penjaga Danau Toba," pungkas @olla**.

3. Legenda Danau Toba

Hamparan air Danau bewarna biru menjadi pemandangan apik saat berkunjung ke Tanah Batak. Pohon pinus yang menjulang tinggi menambah segarnya udara di sekitarnya.Danau Toba. Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI

Dikutip dari detikTravel (02/11), legenda Danau Toba erat kaitannya dengan ikan. Dulu disebutkan ada seorang petani muda bernama Tobat, ia sering memancing ikan untuk dimakan atau dijual. Suatu hari Toba brhasil menangkap seekor ikan mas dengan ukuran yang cukup besar.

Karena ada yang aneh, Toba tak langsung memasaknya atau menjualnya. Secara misterius ikan mas itu berubah menjadi seorang wanita cantik, yang merupakan seorang putri yang dikutuk. Akhirnya mereka menikah dengan syarat bahwa Toba tak boleh membicarakan asal-usul putri ini.

Mereka pun memiliki anak bernama Samosir, yang hobi makan. Toba yang kesal karena makanannya tinggal sedikit, mengumpat dan menyebut Samosir sebagai anak ikan yang tak tahu diuntung.

4. Terbentuknya Danau Toba

Hamparan air Danau bewarna biru menjadi pemandangan apik saat berkunjung ke Tanah Batak. Pohon pinus yang menjulang tinggi menambah segarnya udara di sekitarnya.Hamparan air Danau Toba bewarna biru menjadi pemandangan. Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI

Kisah pria bernama Toba yang menikahi seorang putri cantik yang dikutuk menjadi ikan tak berhenti hingga di sana. Setelah Toba melanggar janjinya, dan menyebut asal-usul istrinya di depan putra mereka.

Sang putri membawa anak mereka dan keluarlah semburan air dari tempat atau lembah yang menjadi tempat tinggal Toba selama ini. Dari sana lah terbentuknya Danau Toba, dan muncul pulau di tengah danau yang diberi nama Pulau Samosir.

5. Mitos Ambil Ikan di Danau Toba

Ikan mas besar yang ditangkap di Danau TobaIkan mas besar yang ditangkap di Danau Toba Foto: Ochalina Hutajulu/FB

Karena cerita kepercayaan masyarakat ini, banyak orang terutama penduduk sekitar yang percaya bahwa menangkap atau mengambil ikan mas berukuran besar, bisa menyebabkan bencana dan tragedi.

Ikan mas dari sana dipercaya merupakan penjaga Danau Toba. Banyak juga yang bilang bahwa ikan mas di Danau Toba yang berukuran besar, merupakan wujud lain dari putri atau ibu dari Samosir. Sehingga sering disebut sebagai 'Mamak Samosir'.

Meskipun menurut data dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), ikan mas bukanlah fauna endemik atau ikan asli dari Danau Toba. Ikan asli Danau Toba merupakan ikan batak atau ihan, yang terancam punah.

Baca Juga: Resep Gulai Ikan Mas yang Gurih Berempah Kuahnya



Simak Video "Bikin Laper: Endul Euy, Pepes Ikan Mas yang Satu Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)