Tangkap Ikan Mas Raksasa di Danau Toba, Netizen Kaitkan dengan Mamak Samosir

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 02 Nov 2021 19:30 WIB
Ikan mas besar yang ditangkap di Danau Toba Foto: FB/Rismon Sirait

3. Legenda Danau Toba

Hamparan air Danau bewarna biru menjadi pemandangan apik saat berkunjung ke Tanah Batak. Pohon pinus yang menjulang tinggi menambah segarnya udara di sekitarnya.Danau Toba. Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI

Dikutip dari detikTravel (02/11), legenda Danau Toba erat kaitannya dengan ikan. Dulu disebutkan ada seorang petani muda bernama Tobat, ia sering memancing ikan untuk dimakan atau dijual. Suatu hari Toba brhasil menangkap seekor ikan mas dengan ukuran yang cukup besar.

Karena ada yang aneh, Toba tak langsung memasaknya atau menjualnya. Secara misterius ikan mas itu berubah menjadi seorang wanita cantik, yang merupakan seorang putri yang dikutuk. Akhirnya mereka menikah dengan syarat bahwa Toba tak boleh membicarakan asal-usul putri ini.

Mereka pun memiliki anak bernama Samosir, yang hobi makan. Toba yang kesal karena makanannya tinggal sedikit, mengumpat dan menyebut Samosir sebagai anak ikan yang tak tahu diuntung.

4. Terbentuknya Danau Toba

Hamparan air Danau bewarna biru menjadi pemandangan apik saat berkunjung ke Tanah Batak. Pohon pinus yang menjulang tinggi menambah segarnya udara di sekitarnya.Hamparan air Danau Toba bewarna biru menjadi pemandangan. Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI

Kisah pria bernama Toba yang menikahi seorang putri cantik yang dikutuk menjadi ikan tak berhenti hingga di sana. Setelah Toba melanggar janjinya, dan menyebut asal-usul istrinya di depan putra mereka.

Sang putri membawa anak mereka dan keluarlah semburan air dari tempat atau lembah yang menjadi tempat tinggal Toba selama ini. Dari sana lah terbentuknya Danau Toba, dan muncul pulau di tengah danau yang diberi nama Pulau Samosir.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Endul Euy, Pepes Ikan Mas yang Satu Ini!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com