Begini Nasib Tentara yang Pensiun Demi Jualan Bakso yang Sempat Viral

Devi Setya - detikFood Senin, 01 Nov 2021 19:30 WIB
bakso ngangenin Foto: instagram bakso ngangenin
Jakarta -

Masih ingat dengan Malik Al Fattaah, mantan tentara yang memilih pensiun demi berjualan bakso? Bakso Ngangenin besutan mantan Mayor TNI AL ini harus ikut terkena dampak pandemi Covid-19.

Pria bernama Malik Al Fattaah sempat viral karena ia memutuskan untuk pensiun dari profesinya sebagai anggota TNI AL demi menjadi penjual bakso. Meskipun kini bisnisnya jauh dari pekerjaan sebelumnya, ternyata Malik bisa membuktikan bahwa ia bisa tetap eksis bahkan bisa bertahan meski digempur pandemi Covid-19.

Baru saja terjun ke dunia usaha kuliner, Malik langsung terkena dampak pandemi Covid-19. Tidak mudah bagi Bakso Ngangenin bertahan dengan kondisi yang berubah drastis selama pandemi dua tahun belakangan.

Begini Nasib Tentara yang Pensiun Demi Jualan Bakso yang Sempat ViralBegini Nasib Tentara yang Pensiun Demi Jualan Bakso yang Sempat Viral Foto: Bakso Ngangenin

Suka duka dijalani Malik demi bisa membuat bisnisnya tetap berjalan. Meskipun beberapa hal pahit terpaksa ia lakukan seperti merumahkan sebagian karyawan serta memutar otak untuk strategi marketing.

Kepada detikFood (1/11) Malik membeberkan nasibnya kini usai pensiun dari tentara dan memilih berjualan bakso:

1. Terpaksa merumahkan sebagian karyawan

Saat pandemi, Malik mengatakan bisnisnya kehilangan hampir 50 % omzet dibandingkan kondisi normal. Hal ini membuat biaya operasional terasa sangat tinggi dan menguras pendapatan.

"Biaya operasional yang tinggi sebuah usaha salah satunya adalah di beban gaji karyawan, di saat pandemi Covid-19 dengan omzet yang hanya sekitar 40% dari kondisi normal tentu saja sulit untuk mempertahankan jumlah Karyawan tetap utuh. Pengurangan karyawan terpaksa dilakukan sampai kondisi pulih kembali," kata Malik.

Hal ini diakui Malik sebagai keputusan yang berat dilakukan, terlebih ia juga menyadari bahwa karyawan juga memiliki beban tanggung jawab pada keluarganya. Oleh karenanya ia menyiasati dengan melakukan sistem gilir pada karyawan.

"Ada penggiliran kerja terhadap karyawan. Ini dimaksudkan agar semua karyawan tetap bisa dipertahankan dan kehidupan keluarganya masih bisa tertanggung walaupun tidak ideal," ujar mantan Mayor TNI ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mengintip Kecanggihan Dapur Gelato Modern"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com