ADVERTISEMENT

5 Obat Rumahan yang Paling Aneh, Ada Sup Kadal hingga Lemak Babi

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 01 Nov 2021 06:00 WIB
Irish stew, made with lamb, stout, potatoes, carrots and herbs.
Foto: iStock
Jakarta -

Bentuknya aneh hingga menggunakan bahan yang tak biasa, banyak obat rumahan yang cukup ekstrem. Ada sup kadal sampai campuran lemak ayam dan babi.

Obat rumahan atau disebut juga sebagai 'home remedies', biasanya merupakan ramuan atau racikan herbal yang bisa dibuat di rumah. Dulu banyak orang yang lebih memilih menggunakan obat rumahan dibandingkan harus ke dokter atau rumah sakit.

Tak heran banyak sekali resep obat rumahan yang aneh, namun dipercaya banyak orang dapat menyembuhkan flu, batuk sampai demam. Salah satunya ada resep sup kadal, kemudian campuran lemak ayam dan babi, sampai susu yang dikocok dengan telur mentah.

Dilansir dari Listverse (28/10), berikut lima obat rumahan untuk batuk hingga flu yang aneh banget.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bantu Sembuhkan Sinus dan Legakan Pernapasan


1. Gogol Mogol

Group of brown raw chicken eggs, one is broken, yolk egg visible, isolated on white, studio shot.Kuning Telur. Foto: iStock

Gogol Mogol merupakan salah satu obat alami dari Rusia yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit ringan seperti batuk, sampai radang tenggorokan. Obat ini masih digunakan hingga sekarang.

Di Ukraina atau Rusia, Gogol Mogol merupakan minuman hangat yang dibuat dari telur kuning yang dikocok dengan satu sendok gula atau madu. Setelah tercampur jadi satu, baru dituangkan dengan susu panas dan tambahan butter agar rasanya enak.

Orang Rusia percaya bahwa kuning telur ini bisa membuat tenggorokan menjadi lebih hangat dan relaks. Selain itu kandungan L-tryptophan di susu hangat juga membantu orang tidur lebih nyenyak saat terserang flu.

2. Lemak Ayam dan Babi

Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard.lemak babi Foto: Getty Images/iStockphoto

Lemak ayam dan babi ternyata tak hanya digunakan untuk masak atau membuat makanan saja. Di beberapa negara, kedua lemak hewan ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit batuk, demam dan flu.

Terutama bagi orang-orang yang mengalami radang tenggorokan karena terserang flu. Caranya cukup mudah, pertama olesi bagian leher dengan lemak ayam atau lemak babi sampai licin.

Kemudian ambil kaus kaki kotor kemudian digosok ke atas dan ke bawah berkali-kali sampai keluar keringat. Orang Inggris percaya dengan keluarnya keringat, bisa membantu proses penyembuhan flu, batuk sampai demam dengan mudah.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT