Begini 5 Cara Terbaik Nabi Muhammad SAW saat Makan Semangka

Riska Fitria - detikFood Jumat, 29 Okt 2021 05:00 WIB
Begini 5 Cara Terbaik Nabi Muhammad SAW saat Makan Semangka Foto: iStock

3. Semangka Baik Dikonsumsi Sebelum Makan

Begini 5 Cara Terbaik Nabi Muhammad SAW saat Makan SemangkaBegini 5 Cara Terbaik Nabi Muhammad SAW saat Makan Semangka Foto: iStock

Ibnu Qayyim menjelaskan bahwa buah semangka dapat dicerna dengan cepat oleh lambung. Selain itu, semangka dapat cepat mengalami perubahan saat bercampur dengan zat-zat lain di lambung.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah semangka sebaiknya dilakukan sebelum makan besar. Secara medis, cara makan semangka ini bisa membersihkan perut dan menjauhkan dari penyakit.

Sementara itu, jika terlalu banyak mengonsumsi semangka setelah makan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Karenanya harus menunggu beberapa waktu setelah makan untuk mengonsumsi semangka.

4. Makan dari Sisi Kanan

Begini 5 Cara Terbaik Nabi Muhammad SAW saat Makan SemangkaBegini 5 Cara Terbaik Nabi Muhammad SAW saat Makan Semangka Foto: iStock

Cara Rasulullah SAW saat makan semangka selanjutnya adalah dimulai dari sebelah kanan. Cara ini pernah dipraktekkan oleh seorang ulama Mesir bernama Syaikh 'Ala Ala Muhammad Musthofa Na'imah.

Buah semangka dan sejenis semangka lainnya dimakan dari bagian sebelah kanan terlebih dahulu. Ketika sudah tersisa sebelah kiri itu kemudian diputar agar menjadi sisi kanan.

Setelah itu, barulah Rasulullah kembali memakan buah semangka. Jadi, beliau tetap memakan buah semangka dari sisi bagian kanan. Seperti yang telah diajarkan bahwa kanan adalah sisi yang baik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Jala Semangka Enak dan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com