Pamer Minum Soju Halal, TikToker Ini Dikritik Netizen

Riska Fitria - detikFood Kamis, 28 Okt 2021 07:00 WIB
Pamer Minum Soju Halal, TikToker Ini Dikritik Netizen Foto: TikTok @berryll8
Jakarta -

Bagikan momen saat bersulang soju halal bersama teman, pengguna TikTok ini dikritik netizen. Sebut ada kesalahpahaman soal soju halal.

Soju merupakan minuman beralkohol dari Korea Selatan. Soju menjadi populer karena sering muncul di drama-drama Korea. Soju dapat memberikan efek memabukkan, karenanya umat muslim dilarang mengonsumsi.

Namun, belakangan ini netizen dibuat bingung dengan hadirnya soju versi halal. Seperti yang diunggah oleh pengguna TikTok @berryll8 (11/10). Dalam unggahannya terlihat ia sedang bersulang soju bersama teman-teman.

Baca Juga: 5 Fakta Minuman Soju Asal Korea Selatan

Pamer Minum Soju Halal, TikToker Ini Dikritik NetizenPamer Minum Soju Halal, TikToker Ini Dikritik Netizen Foto: TikTok @berryll8

Terlihat ia sedang menuang Yakult ke dalam gelas berisi es batu. Kemudian ia juga menuangkan soju yang disebut versi halal dari botol-botol berwarna hijau, lapor World of Buzz (26/10).

Diketahui bahwa sekumpulan orang itu merupakan muslim. Ada beberapa wanita yang mengenak jilbab. Lewat caption, pengguna TikTok itu menegaskan bahwa soju diminum adalah halal.

"Stay halal brodiee," tulisnya.

Video tersebut pun viral dan menimbulkan pro kontra. Banyak netizen yang berpendapat bahwa ada kesalahpahaman soalnya soju versi halal.

Pamer Minum Soju Halal, TikToker Ini Dikritik NetizenPamer Minum Soju Halal, TikToker Ini Dikritik Netizen Foto: TikTok @berryll8

"Sejak kapan soju halal? Dari dulu soju itu ada alkoholnya, kalau dibuat versi halal tanpa alkohol yang berarti itu bukan soju," tulis netizen.

"Itu bukan soju, hanya minuman soda biasa. Cuma karena mirip botolnya, orang-orang yang gak tau tetep bilangnya soju. Kalau soju mah pasti alkohol," tulis netizen lainnya.

Dalam konteks ini perlu diketahui bahwa soju dikenal sebagai minuman beralkohol. Minuman ini terbuat dari bahan utama berupa beras atau bisa juga berupa ubi, gandum dan barley sebagai pengganti beras.

Pamer Minum Soju Halal, TikToker Ini Dikritik NetizenPamer Minum Soju Halal, TikToker Ini Dikritik Netizen Foto: TikTok @berryll8

Dalam proses pembuatannya, bahan utama tersebut difermentasi selama kurang lebih 15 hari. Baru kemudian disuling dan ditambahkan air dan perasa atau pemanis.

Dari proses fermentasi itulah yang kemudian alkohol. Soju versi halal juga pernah heboh sebelumnya ditawarkan oleh toko online Warung Minum Ummik di Instagram.

Minuman tersebut terbuat dari sirup, perisa buah, sparkling water dan daun mint. Namun, penamaan soju halal itu juga menimbulkan pro dan kontra.

Sejak saat itu, pemilik toko tersebut mengubah nama soju halal menjadi Mojiso atau singkatan dari Mojito Soju. Minuman tersebut 100% halal karena tidak mengandung alkohol.

Baca Juga: Unik! Soju Ini Dibuat Versi Halal untuk Kaum Muslim



Simak Video "Viral Pengunjung Nemu Ulat di Makanan dan Tikus di Resto"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com