Salt Bae: Gaya Unik Menabur Garam hingga Kontroversi Resto Steaknya

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 27 Okt 2021 17:30 WIB
Wow! Makan Steak Emas 24 Karat di Restoran Salt Bae Tagihannya Rp 90 Juta Foto: Boingboing/Twitter/Site
Jakarta -

Chef yang terkenal dengan gaya uniknya saat menabur garam ini tengah menuai kontroversi. Restoran milik Salt Bae dilaporkan melanggar hak cipta hingga harga menunya dianggap kemahalan.

Salt Bae atau yang bernama asli Nusr-Et Gokce merupakan seorang chef profesional asal Turki. Kepopuleran dirinya diawali dengan gayanya menabur garam yang khas dan fenomenal.

Ia akan menekuk satu tangannya, kemudian menabur garam ke daging dari jauh. Siapa sangka cara uniknya menabur garam ini membuat namanya terkenal di dunia.

Dikenal sebagai celebrity chef, Salt Bae kini mengembangkan banyak restoran steakhouse miliknya. Diberi nama Nusr-Et Steakhouse, salah satu hidangan yang paling populer dan berhasil menarik perhatian pelanggannya adalah tomahawk steak berlapis lembaran emas 24 karat yang bisa dimakan.

Duh! Ketahuan Restoran Salt Bae Hapus Ulasan Buruk dari Pengunjung Soal MakanannyaFoto: Twitter

Restoran steak milik Salt Bae sendiri diketahui sudah memiliki banyak cabang yang tersebar di beberapa negara. Ada yang di Turki sebagai restoran pertamanya, di Dubai, di New York hingga yang terbaru adalah di London.

Baca juga: Salt Bae Terlalu Mahal, Kritikus Makanan Ini Sengaja Pesan Kebab Murah di Depan Restoran

Sayangnya keberhasilan Salt Bae mendirikan dan mengembangkan restoran steak miliknya ini justru disambut dengan berbagai kritikan yang dilayangkan oleh banyak pelanggannya. Tidak hanya pelanggan, Salt Bae bahkan juga sempat dilaporkan secara hukum akibat kasus plagiasi yang dilakukannya terhadap beberapa lukisan di restorannya.

Restoran Salt Bae yang baru berdiri di London dikabarkan mematok harga yang terlalu mahal hingga dianggap tak masuk akal. Bukan hanya dari kalangan masyarakat biasa, banyak juga para pesohor dunia yang datang dan mengeluhkan mahalnya harga tomahawk steak yang disajikan di restoran Salt Bae.

Pasalnya daging tomahawk yang dilapisi emas ini dibanderol mencapai Rp12 juta dan belum termasuk berbagai pelengkap serta layanan service yang harus dibayarkan dengan jumlah yang berbeda lagi. Diketahui untuk pelayanan di restoran Salt Bae sendiri para pengunjungnya harus membayar hingga Rp2,9 juta!

Salt Bae Terlalu Mahal, Kritikus Makanan Ini Sengaja Pesan Kebab Murah di Depan RestoranFoto: Guardian/Site News

Keluhan terhadap harga steak yang terlalu mahal ini beberapa kali menjadi viral di media sosial dan kerap bermunculan di berbagai media pemberitaan di berbagai negara. Beberapa dari pengunjung resto Salt Bae bahkan mengungkapkan bahwa mereka merasa bayar mahal hanya untuk dipotongkan steak oleh Salt Bae, melihat Salt Bae menabur garam, dan berkesempatan foto bareng Salt Bae.

Bukan hanya harga menu yang dibanderol terlalu tinggi, Salt Bae Juga dikabarkan mengabaikan kewajibannya sebagai pemilik restoran. Beberapa pegawai di restoran Salt Bae sempat melaporkan adanya tunggakan atas upah lembur yang tidak dibayarkan oleh manajemen restoran steak ternama tersebut.

Banyak sekali kontroversi yang hingga hari ini membayangi restoran steak milik Salt Bae. Uniknya semakin banyak kontroversi yang ditimbulkan justru semakin banyak orang yang penasaran untuk setidaknya mencicipi ataupun merasakan pengalaman makan di restoran milik Salt Bae ini.

Pada ulasan kali ini detikfood akan membahas seluk beluk tentang Salt Bae hingga beragam kontroversi yang dituai oleh restorannya. Kami juga akan membahas perjalanan seorang Salt Bae yang berawal dari magang di sebuah toko daging di Turki sampai menjadi chef terkenal seperti sekarang.

Baca juga: Makan di Resto Salt Bae, Jutawan Ini Bilang Lebih Puas



Simak Video "Bikin Laper: Autentiknya Bakso Tetelan yang Viral di Cipete Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com